Breaking News:

Pemasyarakatan dan Bareskrim Polri Perkuat Sinergi Berantas Upaya Peredaran Narkoba

Permasyarakatan bersinergi dengan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) gagalkan upaya penyelundupan Narkoba

Editor: Putri Safitri
Humas Lapas Kelas IIA Banjarmasin
Dirjen Pas Reynhard Silitonga saat menghadiri kegiatan 

TRIBUNPALU.COM - Narkoba masih menjadi permasalahan utama di masyarakata Indonesia.

Permasyarakatan bersinergi dengan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah melakukan berbagai upaya untuk mengagalkan upaya penyelundupan Narkoba.

Salah satunya penyeludupan ke dalam lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan).

Sudah ada 148 upaya penyeludupan Narkoba ke dalam lapas/rutan di seluruh wilayah Indonesia, berhasil digagalakan di tahun 2021.

Kerjasama Pemasyarakatan dan Bareskrim Polri juga telah memindahkan narapidana kategori bandar Narkoba ke lapas super maximum security yang terapkan sistem "one man one cell" di Pulau Nusakambangan. 

Pemindahan dilakukan untuk mencegah peredaran gelap Narkoba dari lapas/rutan serta mencegah pengaruh buruk bandar Narkoba terhadap narapidana lainnya. 

Di tahun 2021 pula sebanyak 215 bandar Narkoba dipindahkan ke Nusakambangan dimana di antaranya berasal dari berbagai wilayah seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Aceh, Sumatera Selatan, Lampung, Riau, Jambi, Sumatera Utara, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku, Papua, hingga Papua Barat.

Upaya Pemasyarakatan tak berhenti sampai di sana.

Pemasyarakatan juga terus mempelajari dan mengamati berbagai modus penyelundupan yang mungkin digunakan.

Petugas pun diberikan pelatihan dalam pelaksanaan pengawasan dan peningkatan kewaspadaan untuk mencegah masuknya barang haram ke lapas dan rutan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved