Breaking News:

Selat Sunda Masuk Zona Seismik, BMKG Minta Masyarakat Waspadai Gempa Besar Berkekuatan M 8,7

Segmen megathrust Selat Sunda merupakan salah satu zona seismik gap di Indonesia yang selama ratusan tahun belum terjadi gempa besar.

israelnationalnews.com
Ilustrasi seismograf, sensor getaran untuk mendeteksi gempa bumi. 

TRIBUNPALU.COM - Segmen megathrust Selat Sunda merupakan salah satu zona seismik gap di Indonesia yang selama ratusan tahun belum terjadi gempa besar.

Terkait hal tersebut Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono meminta masyarakat sekitar Selat Sunda untuk mewaspadai terjadinya gempa besar.

Lantaran menurut Daryono hingga saat ini belum ada yang bisa mempridiksi kapan gempa tersebut akan terjadi sehingga patut diwaspadai.

"Gempa Ujung Kulon, Banten kemarin sebenarnya bukan ancaman sesungguhnya, karena segmen megathrust Selat Sunda mampu memicu gempa dengan magnitudo tertarget mencapai 8,7 dan ini dapat terjadi sewaktu-waktu. Inilah ancaman yang sesungguhnya," kata Daryono dilansir dari Antara, Sabtu (15/1/2022).

Adapun soal ancaman gempa besar tersebut, Daryono mengatakan, hingga saat ini belum ada teknologi yang bisa memprediksi kapan gempa terjadi.

Kendati begitu, dengan kondisi ratusan tahun belum terjadi gempa besar di Selat Sunda itu patut diwaspadai. 

Terlebih, Selat Sunda berada di antara dua lokasi gempa besar yang merusak dan memicu tsunami, yaitu Gempa Pangandaran magnitudo 7,7 pada 2006 dan Gempa Bengkulu magnitudo 8,5 pada 2007.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Sabtu 15 Januari 2021, BMKG: 25 Provinsi Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin

Sejarah Gempa di Selat Sunda

Berdasarkan catatan sejarah gempa dan tsunami, di wilayah Selat Sunda memang sering terjadi tsunami. Di antaranya, tsunami pada 1722, 1852, dan 1958 disebabkan oleh gempa.

Lalu, tsunami juga pernah terjadi pada 416, 1883, 1928, 2018 berkaitan dengan erupsi Gunung Krakatau. 

Halaman
12
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved