Terungkap Alasan Pihak TPU Tak Berani Pasang Nisan Dorce Gamalama: Takut Salah Bin, Bintinya Itu

Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur buka suara terkait belum dipasangnya nisan pada makam Dorce Gamalama di TPU Bantar Jati.

(TribunJakarta.com/Bima Putra)
Tampak makam Dorce Gamalama di TPU Bantar Jati, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung yang belum dipasang nisan, Jakarta Timur, Kamis (17/2/2022). 

TRIBUNPALU.COM - Artis senior Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2/2022).

Kini jenazah Dorce Gamalama telah dimakamkan di TPU Bantar Jati.

Kendati telah dimakamkan namun nisan pada makam Dorce Gamalama belum dipasang.

Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur buka suara terkait belum dipasangnya nisan pada makam Dorce Gamalama di TPU Bantar Jati.

Kasatpel Zona 20 Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Koko mengatakan dalam pemakaman protokol Covid-19 seperti Dorce pihaknya biasanya menyiapkan papan nisan kayu sementara.

"Cuman saya kemarin lihat takutnya salah bin, bintinya itu. Saya bilang sama (staf) admin diarahkan buat itu ahli warisnya begitu," kata Koko saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Kamis (17/2/2022).

Baca juga: Kenang Kebaikan Mendiang Dorce Gamalama, Saipul Jamil: Banyak Kasih Kiriman Makanan ke Lapas

Baca juga: Pesan Terakhir Dorce Gamalama sebelum Meninggal Diungkap sang Anak: Jadi Anak yang Baik

Hingga kini pengelola TPU Bantar Jati di Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung masih berkoordinasi dengan pihak keluarga Dorce terkait penulisan nama pada papan nisan sementara.

Termasuk berkoordinasi terkait pemasangan plakat nisan permanen dan penataan makam artis senior serba bisa menggunakan rumput yang menjadi kewenangan keluarga.

"Pengadaan plakatnya disamain dengan plakat yang ada di sekitar situ. Plakatnya pihak keluarga yang mengadakan, rumputnya sekalian. Pihak kita (pengelola TPU) hanya memasangkan saja," ujarnya

Koko menuturkan pemasangan plakat nisan permanen dan penataan rumput makam tidak bisa dilakukan langsung karena kontur tanah masih labil, sehingga butuh waktu hingga padat.

Tampak makam Dorce Gamalama di TPU Bantar Jati, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung yang belum dipasang nisan, Jakarta Timur, Kamis (17/2/2022).
Tampak makam Dorce Gamalama di TPU Bantar Jati, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung yang belum dipasang nisan, Jakarta Timur, Kamis (17/2/2022). (TribunJakarta.com/Bima Putra)

Rencananya sembari menunggu kontur makam tanah padat dan bisa dipasangi plakat nisan permanen pengelola TPU Bantar Jati akan memasang papan nisan sementara di makam Dorce.

"Untuk sekarang saya koordinasi ke anak-anak (staf di lapangan) dulu supaya koordinasi sama keluarga berkaitan nama di papannya. Kan harus tanya ke keluarganya dulu, takut salah," tuturnya.

Pantauan TribunJakarta.com, hingga siang hari ini sejumlah warga masih berdatangan ke pusara Dorce yang dikebumikan secara tumpang untuk memanjatkan doa.

Sementara pigura foto Dorce semasa hidup saat mengenakan pakaian adat Minang yang sudah dipasang pihak keluarga sejak Rabu (16/2/2022) masih tampak di atas makam.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved