Berikan MiG-29 untuk Ukraina, Polandia Ternyata Minta Tukar Jet Tempur Lain ke Amerika Serikat

Polandia pada Selasa (8/3/2022) menyatakan secara resmi akan memberikan seluruh jet tempur MiG-29 mereka kepada Amerika Serikat (AS).

(Sumber: AP Photo/Alik Keplicz, File)
Dua MiG 29 Polandia terbang di atas dan di bawah dua jet tempur F-16 Angkatan Udara Polandia AS selama Pameran Udara di Radom, Polandia, pada 27 Agustus 2011. 

TRIBUNPALU.COM - Polandia memberikan bantuan jet tempur untuk Ukraina.

Dikabarkan bahwa Polandia pada Selasa (8/3/2022) menyatakan secara resmi akan memberikan seluruh jet tempur MiG-29 mereka kepada Amerika Serikat (AS), seraya menyetujui pengaturan yang akan memungkinkan jet-jet tempur tersebut digunakan oleh militer Ukraina.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (9/3/2022), keputusan itu diharapkan Polandia menjadi pendorong moral bagi Ukraina karena pertempuran yang terus berlanjut makin memperdalam bencana kemanusiaan ketika pasukan Rusia mengebom kota-kota di Ukraina.

Namun begitu, keputusan tersebut juga meningkatkan risiko perang menjadi lebih luas.

Pentagon tidak segera mengomentari pengumuman Polandia.

Ukraina meminta lebih banyak pesawat tempur dan Washington sudah melihat proposal di mana Polandia akan memasok Ukraina dengan pesawat tempur era Soviet dan pada gilirannya menerima F-16 Amerika untuk menebus kerugian mereka.

Pilot Ukraina dilatih untuk menerbangkan jet tempur era Soviet.

Baca juga: Ancaman Rusia Buat Polandia Takut, Amerika pun tak Berkutik Lihat Ukraina Batal Dapat Jet Tempur

Kementerian Luar Negeri Polandia mengumumkan, mereka siap untuk mengirimkan jet ke Pangkalan Udara Ramstein AS di Jerman segera dan gratis.

“Pada saat yang sama, Polandia meminta Amerika Serikat untuk memberi kami pesawat bekas dengan kemampuan operasional yang sesuai,” kata Kemenlu Polandia.

Pemerintah Polandia juga mengimbau negara-negara pengguna jet MiG-29 lainnya untuk mengikuti langkah mereka.

Mantan anggota NATO blok Soviet, Bulgaria dan Slovakia juga masih memiliki jet tempur buatan Soviet di angkatan udara mereka.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengadakan konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Støre di kediaman resmi Pemerintah di Oslo, Selasa, 8 Maret 2022. (Sumber: Stian Lysberg Solum/NTB via AP)

Penyerahan 28 MiG-29 Polandia buatan Soviet menandakan tekad Barat berbuat lebih banyak untuk menghalangi Rusia.

Namun secara militer, hal itu tidak mungkin mengubah situasi karena jumlah pesawat tidak terlalu besar dan mereka lebih rendah kualitasnya daripada pesawat Rusia yang lebih canggih dan bisa menjadi mangsa empuk bagi angkatan udara Rusia.

Rusia memperingatkan siapapun yang memberi dukungan bagi angkatan udara Ukraina akan dilihat oleh Moskow sebagai tindakan ikut campur dalam konflik dan membuat siapapun yang memasok terbuka atas kemungkinan pembalasan dari Rusia.

Halaman
12
Sumber: Kompas TV
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved