Palu Hari Ini

PCR dan Rapid Antigen Tak Lagi Jadi Syarat Perjalan, Wawali Palu: Surat Edarannya Balum Ada

Tujuan dihapusnya PCR dan swab antigen sebagai langkah pemerintah untuk memberikan kelonggaran bagi masyarakat

Penulis: Alan Sahrir | Editor: mahyuddin
TRIBUNPALU.COM/ALAN
Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM,PALU - Pemerintah belum lama ini mengumumkan pelonggaran Syarat Perjalanan udara maupun laut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pelaku perjalanan domestik dengan transportasi udara, laut, maupun darat yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19 kedua atau lengkap, sudah tidak perlu menunjukan hasil tes antigen maupun PCR negatif.

Tujuan dihapusnya PCR dan swab antigen sebagai langkah pemerintah untuk memberikan kelonggaran bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan.

Menanggapi itu, Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido mengatakan, surat edaran terkait keputusan pemerintah pusat itu belum ada hingga saat ini.

Baca juga: Luhut Sebut Tak Perlu Antigen & PCR untuk Perjalanan Domestik, Bandara Palu Masih Terapkan SE Lama

"Tapi, penyampaian bapak Luhut sudah ada. Nah, kami dari Pemerintah Kota Palu menunggu dulu surat edaran atau semacam pemberitahuan dari pemerintah pusat bahwa itu sudah tidak diadakan," kata Reny A Lamadjido dii ruang kerjanya Jl Balai Kota Palu, Kelurahan Tanamonindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Rabu (9/3/2022) pagi.

Menurut Reny A Lamadjido, penghapusan PCR dan swab antigen sebagai syarat perjalanan karena terjadi penurunan kasus Covid-19.

Selain itu, menurut epidemiologi, penyebaran Covid-19 cukup cepat.

Namun, dari segi kasus kematian tidak tinggi.

"Kalau dari lamanya inkubasi kita lihat juga virus jenis omicron ini kecil. Itu mungkin yang membuat pemerintah tidak memberlakukan PCR dan swab antigen sebagai syarat perjalanan," jelas Reny A Lamadjido.

Reny A Lamadjido menambahkan, pemerintah pusat tentunya sudah melakukan kajian terhadap penghapusan PCR dan swab antigen itu.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved