Ramadhan 2022

Awasi Keamanan Takjil, Balai POM Palu Sosialisasi Sistem Pengawasan Produk Berbasis Barcode

Masyarakat Kota Palu, Sulawesi Tengah diminta mewaspadai menu buka puasa atau takjil berbahan kimia berbahaya selama Ramadhan 2022. 

Penulis: fandy ahmat | Editor: Haqir Muhakir
Handover/BPOM di Palu
BPOM di Palu melakukan pengecekan sampel takjil di Pasar Ramadan Jl Balai Kota Utara, Kelurahan Tanamonindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Senin (3/4/2022).  

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Fandy Ahmat

TRIBUNPALU.COM, PALU - Masyarakat Kota Palu, Sulawesi Tengah diminta mewaspadai menu buka puasa atau takjil berbahan kimia berbahaya selama Ramadhan 2022

Guna memastikan takjil yang dijajakan pedagang aman dikonsumsi, Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Palu melakukan peninjauan langsung ke lapangan. 

Selama Ramadan, Balai POM menargetkan 4 pusat makanan takjil, yakni di Kecamatan Palu Barat, Palu Selatan, Tawaeli dan Ulujadi. 

Selain itu, Balai POM Palu juga menyosialisasikan penerapan sistem pengawasan obat dan makanan berbasis digital berupa pencantuman 2D Barcode pada kemasan. 

"Di era digital saat ini, masyarakat bisa mengenali produk obat dan makanan aman untuk dibeli dan dikonsumsi yaitu dengan aplikasi BPOM Mobile," kata Kepala Balai POM Palu Agus Riyanto, Senin (4/4/2022). 

Melalui BPOM Mobile, masyarakat bisa mengecek produk obat dan makanan yang terdaftar melalui scanning 2D barcode pada label produk. 

Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan pengaduan terhadap suatu produk di pasaran hanya melalui handphone. 

"Aplikasi BPOM mobile ini dapat diunduh di Google Play dan App Store. Aplikasi cek BPOM dapat digunakan untuk mengecek produk obat dan makanan yang aman dikonsumsi dengan memiliki ijin edar dari Badan POM," ucap Agus.(*) 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved