Ramadan

Periksa Takjil Ramadan Tiap Pekan, BPOM Palu Sasar 4 Kecamatan

Uji coba makanan maupun minuman untuk berbuka puasa itu menyasar empat kecamatan, yakni Palu Barat, Palu Selatan, Tawaeli dan Ulujadi. 

Penulis: fandy ahmat | Editor: mahyuddin
TRIBUNPALU.COM/FANDY
Balai POM Palu memeriksa sejumlah sampel takjil di Pasar Ramadan Jl Balai Kota Utara, Kelurahan Tanamonindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (3/4/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Fandy Ahmat

TRIBUNPALU.COM, PALU - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bakal rutin menguji sampling jajanan Takjil selama Ramadan di Kota Palu, Sulawesi Tengah. 

Uji coba makanan maupun minuman untuk berbuka puasa itu menyasar empat kecamatan, yakni Palu Barat, Palu Selatan, Tawaeli dan Ulujadi. 

"Giat pengawasan dan pengujian Takjil ini kami intensifkan selama Ramadan. Kami akan turun setiap minggunya ke sejumlah pusat Takjil di Palu," ujar Kepala Balai POM Palu Agus Riyanto, Senin (4/4/2022). 

Di hari pertama Ramadan, Balai POM telah memeriksa 22 sampel Takjil di Pasar Ramadan Jl Balai Kota Utara, Kelurahan Tanamonindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu. 

Baca juga: Hari Pertama Puasa Ramadan Tahun 2022, Remaja di Palu Padati Bukit di Belakang Makopolda Sulteng

Dari hasil pengujian, Balai POM tidak menemukan adanya makanan maupun minuman mengandung zat berbahaya. 

Agus menuturkan, pemeriksaan ini guna memastikan jajanan takjil yang beredar di Kota Palu aman untuk dikonsumsi. 

"Ada beberapa kandungan bahan berbahaya yang menjadi fokus kami, yaitu formalin, boraks, rhodamin B dan metanyl yellow. Zat-zat ini tidak boleh ditambahkan ke dalam makanan karena berbahaya untuk kesehatan," ucapnya.(*) 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved