Ustaz Menjawab

Ustaz Menjawab: Hukum Vaksinasi pada Bulan Ramadan, Apakah Puasa Tetap Sah atau Batal?

Bagaimana hukumnya orang yang melakukan vaksinasi di bulan Ramadan? apakah puasanya batal atau tidak?

Editor: Muh Ruliansyah
TRIBUNPALU.COM
Ustaz H Sabaruddin, LC dalam program 'Anda bertanya Ustadz menjawab' bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, menjelaskan amalan paling istimewa yang dilakukan di bulan Ramadan. 

TRIBUNPALU.COM - Bagaimana hukumnya orang yang melakukan vaksinasi di bulan suci Ramadan? apakah puasanya batal atau tidak?

Ustaz Sabaruddin dalam program 'Anda bertanya Ustadz menjawab' bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, menjelaskan mengenai hukum vaksinasi di bulan Ramadan.

Pertama, Ustaz Sabaruddin menjelaskan mengenai hal yang membatalkan puasa berdasarkan Mazhab Imam Syafi'i.

"Jawabannya adalah bahwa orang yang melakukan vaksinasi di bulan suci Ramadan sesuai dengan pendapat para ulama dari Mazhab Imam Syafi'i bahwa yang membatalkan puasa apabila rongga-rongga yang terbuka dilalui makanan atau suntikan," kata Ustaz Sabaruddin.

Baca juga: Ustaz Menjawab #1: Inilah Amalan-amalan Paling Istimewa di Bulan Suci Ramadhan

Adapun ketika seseorang melakukan vaksinasi, Ustaz Sabaruddin menjelaskan cairannya tidak langsung masuk melalui rongga yang terbuka.

"Sementara ketika seseorang vaksinasi itu tidak masuk dalam rongga yang terbuka, tetapi hanya melalui di bawah kulit dan tidak langsung masuk ke dalam pencernaan," jelas Ustaz Sabaruddin.

Oleh karena itu, Ustaz Sabaruddin mengatakan puasa seseorang tidak akan batal ketika ia melakukan vaksinasi.

"Sehingga demikian tidak masuk dalam pendapat Imam Syafi'i, orang yang vaksinasi di bulan suci Ramadan tidak termasuk membatalkan puasa," tutup Ustaz Sabaruddin.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved