Ganjar Pranowo Bersama PT Goklik Digital Nusantara Bantu Pulihkan Bisnis UMKM Pasca Pandemi

Gubernur Jawa Tengah dan Ketua Pengurus Pusat Kagama Ganjar Pranowo mengatakan saat ini teknologi digital telah banyak membantu dan mudah diakses.

Handover
Seminar oflline-online yang diselenggarakan oleh Anggota dan Pengurus Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Sumatera Utara pada Jumat (8/4/2022) di Hotel Santika Premier, Medan. 

TRIBUNPALU.COM – Selama pandemi Covid-19 yang terjadi di beberapa negara, termasuk di Indonesia, banyak beragai sektor yang mengalami gangguan termasuk segi perdagangan.

Para pedagang di Indonesia sempat mengalami kesulitan untuk menjalankan usahanya di tengah naiknya kasus pandemi Covid-19 di Indonesia.

Dengan adanya hal tersebut banyak para pedagang dan pelaku UMKM memilih untuk beralih ke pasar online untuk tetap menghidupkan penjualannya.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Pemerintah melalui Kementrian Koperasi dan UMKM  telah merilis angka yerbaru dari UMKM di Indonesai yang telah beranjak ke pasar online.

Terdapat 28% UMKM Indonesia yang sudah bisa masuk ke pasar online dan mencicipi manis nya pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di online commerce.

Diektahui  tahun lalu total transaksinya mencapai Rp. 403 triliun atau tumbuh sekitar 51% dari tahun 2020 berdasarkan data yang dirilis secara resmi oleh Bank Indonesia pada 2021 lalu.

Hal itulah yang menjadi salah satu dasar inisiatif Anggota dan Pengurus Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Sumatera Utara untuk mengadakan seminar oflline serta online pada Jumat (8/4/2022) di Hotel Santika Premier, Medan.

Dalam acara tersebut menghadirkan pembicara utama Ganjar Pranowo sebagai Ketua Kagama Pusat yang membagikan pengalamannya sebagai Gubernur Jawa Tengah dalam memenfaatkan teknologi digital dalam kepemimpinannya megelola daerah dan terutama UMKM disana.

Acara yang bertajuk “Memulihkan Bisnis UMKM Pasca Pandemi” ini menghadirkan topik dan pembicara dari berbagai bidang penting seperti peluang dan tips UMKM di pasar online yang dibawakan oleh Fiter Bagus Cahyono, selaku CEO Goklik.id, permodalan dan pendampingan UMKM.

Gubernur Jawa Tengah dan Ketua Pengurus Pusat Kagama Ganjar Pranowo yang hadir sebagai pembicara utama mengatakan bahwa saat ini teknologi digital telah banyak membantu kita untuk belajar tentang apapun dengan mudah dan cepat, tanpa batas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Palu
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved