Google Diam-diam Luncurkan Aplikasi untuk Pengguna iPhone, Kini Bisa Pindahkan Data ke Android

Google diam-diam meluncurkan aplikasi "Switch to Android" untuk sejumlah wilayah pasar, termasuk Amerika Serikat.

www.theverge.com
HP iPhone - Google diam-diam meluncurkan aplikasi "Switch to Android" untuk sejumlah wilayah pasar, termasuk Amerika Serikat. 

TRIBUNPALU.COM - Google diam-diam meluncurkan aplikasi "Switch to Android" untuk sejumlah wilayah pasar, termasuk Amerika Serikat.

Sesuai namanya, aplikasi ini dapat memudahkan pengguna iPhone (iOS) mimindahkan datanya ke ponsel berbasis sistem operasi (OS) Android.

Jadi, pengguna iPhone bisa dengan mudah memindahkan data seperti kontak, kalender, foto, dan video ke ponsel Android barunya secara langsung dengan aplikasi ini.

Baca juga: Cara Memindahkan Isi Chat WhatsApp dari HP iPhone ke Android, Begini Tutorialnya

Menurut laporan outlet media TechCrunch, meski sudah diluncurkan, aplikasi "Switch to Android" belum bisa ditemukan bila dicari di aplikasi Apple App Store atau dicari melalui pencarian Google.

Saat ini, pengguna iPhone di sejumlah negara baru bisa meng-install aplikasi "Switch to Android" melalui tautan URL yang spesifik berikut ini.

Ketika coba diklik, pengguna iPhone di Indonesia juga sudah bisa meng-install aplikasi "Switch to Android" ini, seperti gambar di samping.

"Aplikasi Beralih ke Android dari Google membantu Anda dengan cepat dan aman memindahkan jenis data terpenting Anda – foto, video, kontak, dan acara kalender — ke perangkat Android baru tanpa kabel yang merepotkan," tulis deskripsi aplikasi Switch to Android di App Store.

Bila sudah diunduh, aplikasi akan meminta serangkaian izin sehingga data iPhone pengguna dapat dipindahkan ke perangkat Android baru pengguna.

Selanjutnya, pengguna iPhone tinggal memindai kode QR yang ada di perangkat Android barunya. Setelah itu, pengguna tinggal mengikuti langkah-langkahnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BGR, Jumat (15/4/2022).

Mulai dari memilih data apa saja yang akan dipindahkan dari iPhone ke Android. Pilihannya ada kontak, kalender, foto, dan video. Lalu, pengguna nantinya juga akan diminta untuk menonaktifkan aplikasi perpesanan instan bawaan iPhone, iMessage.

sebelumnya, bila ingin berpindah ke perangkat Android, pengguna iPhone harus mengunduh aplikasi migrasi dari pihak ketiga. Atau secara manual melakukan pencadangan (backup) data iPhone ke Google Drive, lalu diunduh secara manual di ponsel Android yang baru.

Nah, dengan adanya aplikasi "Switch to Android", pengguna tak perlu lagi mengunduh aplikasi pihak ketiga atau mengunduh data dari Google Drive.

Google sendiri terbilang terlambat menghadirkan aplikasi migrasi data dari iPhone ke Android. Pasalnya, Apple yang merupakan pengembang OS iOS sudah lama menghadirkan aplikasi serupa, yaitu Move to iOS.

Aplikasi migrasi dari ponsel Android ke iOS itu sudah ada di Google Play Store sejak September 2015, atau kurang lebih enam tahun lalu. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Google Diam-diam Rilis Aplikasi Pindah Data dari iPhone ke Android"

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved