Buntut Jokowi Larang Ekspor Minyak Goreng, India Kini Kelimpungan, Kudu Keluarkan Uang Rp 20 Miliar

India kelimpungan gara-gara Indonesia menghentikan keran ekspor minyak sawit.

SHUTTERSTOCK/NAYPONG STUDIO
Ilustrasi minyak goreng 

TRIBUNPALU.COM - India kelimpungan gara-gara Indonesia menghentikan keran ekspor minyak sawit.

Diketahui Indonesia merupakan produsen minyak sawit terbesar di dunia.

Namun kini Indonesia menghentikan keran ekspor untuk menstabilkan harga di dalam negeri yang meningkat akibat perang di Ukraina dan pandemi Covid-19.

Minyak goreng adalah bagian integral dalam konsumsi makanan di India. Negara ini adalah konsumen kedua terbesar dunia dan importir terbesar minyak goreng. Sekitar 56 persen kebutuhan minyak goreng diimpor dari lebih tujuh negara.

Warga India sebagian besar menggunakan minyak goreng dari sawit, kedelai, dan bunga matahari.

Untuk minyak sawit sendiri, India mengimpor 90 persen kebutuhan dari Indonesia dan Malaysia. Sekitar setengahnya berasal dari Indonesia saja.

Baca juga: Jokowi Sedih Indonesia Produsen Minyak Sawit Terbesar Kesulitan Minyak Goreng: Tak akan Saya Biarkan

Sementara setengah dari kebutuhan minyak goreng dari bunga matahari berasal dari Rusia dan Ukraina, yang terdiri dari 80 persen ekspor global.

Perang di Ukraina akan mengurangi 25 persen pasokan minyak goreng dari bunga matahari dalam tahun fiskal ke depan, menurut satu laporan. Cadangan minyak sawit di Malaysia, produsen terbesar kedua dunia, juga ketat.

Tahun ini, India akan menghabiskan sekitar 20 miliar dollar AS untuk impor minyak goreng, dua kali lipat dibandingkan dua tahun lalu.

"Tak ada negara yang sangat tergantung pada pada impor. Kami sangat berdarah sekarang. Ini krisis besar. Kami perlu belajar dari krisis ini untuk mengurangi ketergantungan pada impor," kata BV Mehta, direktur Solvent Extractors Association, asosiasi perdagangan minyak goreng.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved