Kejengkelan Bahar Smith pada Panitia: 3 Kali Diundang Tak Hadir Sekalinya Datang Saya Masuk Penjara

Bahar Smith, terdakwa penyebaran berita bohong atau hoaks kembali menjalani persidangan lanjutan di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat.

Tribun Jabar/ Gani Kurniawan
Bahar bin Smith 

TRIBUNPALU.COM - Bahar Smith, terdakwa penyebaran berita bohong atau hoaks mengungkapkan kejengkelannya pada saat menjalani persidangan lanjutan di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (19/5/2022).

Diketahui dalam persidangan kali ini ada tiga saksi yang dihadirkan.

Ketiga saksi tersebut antara lain Kepala Desa Nanjung Dian Irawan, pembawa acara ceramah Syarif, dan penanggung jawab acara Arif.

Saksi yang disebut terakhir menyampaikan bahwa dirinya selaku penanggung jawab acara ceramah sudah tiga kali mencoba mengundang Bahar Smith untuk mengisi ceramah di Desa Nanjung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Arif mengaku kerap ditunjuk oleh warga di lingkungannya untuk menjadi penanggung jawab acara. Dia pun menyebut bahwa dirinyalah yang datang ke pesantren Bahar Smith di Bogor untuk menyampaikan undangan.

"Kabarnya Saudara pernah mengundang tiga kali tetapi saya tidak hadir?" kata Bahar di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, Kamis (19/5/2022).

"Betul Bib," kata Arif.

"Iya, sekalinya saya datang ke sana, saya masuk penjara," ucap Bahar.

Baca juga: Ogah Keluar Sel Gegara Minta Sidang Offline, DS Ejek Bahar Smith: Ngambekan Aja, Malu ma Uban

Bahar kemudian menanyakan terkait dengan proses Arif bisa mengundang dirinya untuk berceramah di Dessa Nanjung, Kabupaten Bandung.

Arif menjelaskan bahwa dirinya langsung datang ke Bogor untuk menyampaikan undangan ceramah tersebut. Namun, diterima oleh muridnya atau pengawal Bahar.

Ketika ditanya oleh hakim dan jaksa, Arif mengaku tidak hadir ke lokasi acara ceramah Bahar Smith karena sejumlah alasan.

Ia mengaku tidak bisa keluar rumah karena sibuk menyiapkan konsumsi di rumahnya. Selain itu, tidak bisa keluar rumah karena jemaah Bahar yang membeludak.

Arif menjelaskan rencana kegiatan Maulid Nabi yang mengundang Bahar Smith merupakan inisiatif warganya. Meskipun banyak yang hadir, kata Arif, pihak panitia padahal tidak menyebarkan undangan tersebut.

"Jadi, enggak jelas dengar (ceramah Bahar), selewat saja, jarak ke lokasi acara sekitar 50 meterlah," kata Arif.

"Saya baru tahu isi ceramah Bahar ketika diperlihatkan oleh penyidik saat diperiksa di Polsek Margaasih, jadi masalah ceramah soal Habib Rizieq saya tahunya dari penyidik."

Adapun Bahar Smith duduk sebagai terdakwa kasus dugaan hoaks terkait dengan ceramahnya pada tanggal 11 Desember 2021 di Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung.

Bahar didakwa menyebarkan hoaks terkait dengan penyebab Rizieq Shihab dipenjara, dan terkait dengan penganiayaan terhadap enam laskar FPI.

Artikel ini telah tayang di KompasTV dengan judul "3 Kali Diundang Ceramah, Bahar Smith ke Panitia: Sekalinya Saya Datang, Masuk Penjara"

Sumber: Kompas TV
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved