Poso Hari Ini

Pemuda Desa Pancasila Poso Kritisi Adanya Alat Berat di Gunung Batu Kecamatan Pamona Timur

Karang Taruna Desa Pancasila,Pamona Timur, Poso mengkritisi terkait adanya oknum Pemdes yang mengklaim sejumlah lokasi di sekitar Gunung batu

Penulis: fandy ahmat | Editor: Moh Salam
Handover
Satu alat berat di lokasi Gunung batu Desa Pancasila, Kecamatan Pamona Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah 

TRIBUNPALU.COM, POSO - Karang Taruna Desa Pancasila Kecamatan Pamona Timur, Kabupaten Poso mengkritisi terkait adanya oknum Pemerintah Desa yang mengklaim sejumlah lokasi di sekitar Gunung batu.

Ketua Karang Taruna Desa Pancasila Maxi Rudolf Sambalagi menuturkan, lokasi gunung batu selama ini diolah masyarakat secara tradisional. 

Namun ada sebagian lokasi gunung batu diklaim secara sepihak oleh oknum Pemerintah Desa Pancasila

"Jadi ada lokasi gunung batu di desaku yang selama ini memang diolah masyarakat secara tradisional, terus ada sebagian lokasi gunung batu itu yang diklaim sama oknum sekdes pancasila dan berdasarkan legalitas yang menurut masyarakat tidak begitu kuat," ujar Maxi kepada TribunPalu.com, Minggu (22/5/2022).

Ia mengatakan, lebih kurang 4 bulan lamanya ada sejumlah alat berat melakukan penambangan di lokasi gunung batu Desa Pancasila Poso.

"Sudah kurang lebih 4 bulan terakhir ada alat berat naik ke lokasi itu untuk menambang lokasi yang beliau klaim sebagai miliknya, bahkan di dalam surat kepemilikannya itu tidak tertera titik koordinat yang jelas," jelas Ketua Karang Taruna Desa Pancasila tersebut. 

Maxi bersama pemuda lainnya serta masyarakat sudah kerap kali mendesak Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk dilakukan musyawarah desa terkait hal tersebut. 

"Kami pemuda desa juga sudah berusaha mendesak BPD untuk diadakan rapat musyawarah desa mengenai hal ini tapi tidak di indahkan sampai saat ini," kata Maxi. 

Masyarakat bersama Pemuda Desa Pancasila pun sebelumnya sudah menyurat kepada lembaga terkait, namun tidak mendapatkan respon.

Salah satu poin yang belum mendapatkan respon itu adalah meminta pemerintah desa untuk menjelaskan kepada masyarakat terkait kegiatan penambangan di gunung batu desa Pancasila. 

Diketahui alat berat yang berada di lokasi gunung batu seperti Excavator dan Breker. 

Hingga saat ini TribunPalu.com masih terus menghubungi Pemerintah Desa Pancasila Kecamatan Pamona Timur Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved