Pilpres 2024

Batal Capres, Ketum PSI Giring Ganesha Blak-blakan Ungkap Niat Maju Jadi Gubernur DKI Jakarta

Sempat batal jadi capres, Ketua Umum PSI Giring Ganesha blak-blakan ingin menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Editor: Putri Safitri
Kompas.com/Tri Susanto Setiawan
Giring Ganesha saat mendeklarasikan diri maju sebagai calon legislatif pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 melalui Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Kantor DPP PSI, Jalan KH Wahid Hasyim, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2017). 

TRIBUNPALU.COM - Sempat batal jadi capres, Ketua Umum PSI Giring Ganesha blak-blakan ingin menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Hal ini disampaikan Giring saat menanggapi pertanyaan terkait peluangnya maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024 mendatang.

"Wah ini pertanyaan bagus ini. Saya sih mau. Saya sih mau suatu hari nanti jadi Gubernur DKI Jakarta, tapi bukan sekarang kali ya," kata Giring saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (6/6/2022).

Sebelumnya, Giring mengumumkan tak akan maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pengumuman itu disampaikan Giring dalam sebuah konferensi pers yang digelar secara daring pada Kamis (24/2/2022) lalu.

"Maka, hari ini dengan penuh kesadaran, saya Giring Ganesha mengumumkan mundur dari pencalonan presiden Republik Indonesia," kata Giring dalam konferensi pers ketika itu.

Diakuinya, memang ia memberanikan diri maju sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

Giring mengatakan itu merupakan wujud dari komitmen PSI sebagai partai yang terbuka di mana mempersilakan kader-kadernya maju sebagai pemimpin nasional dan daerah.

Eks vokalis band ini juga menceritakan bagaimana ia berkeliling Indonesia untuk mengupayakan niatnya maju sebagai capres.

"Saya bekerja dan berkeliling Indonesia untuk mewujudkan keinginan saya tersebut. Bertemu sebanyak mungkin rakyat dan tokoh-tokoh di berbagai provinsi dan kabupaten/kota," jelasnya.

Kini, Giring mengungkapkan dirinya dapat lebih fokus untuk membangun PSI ke depannya setelah mengumumkan diri mundur dari pencalonan presiden.

Peluang Giring di Pilgub DKI

Terkait peluang Giring, pengamat Politik Wasisto Raharjo Jati mengatakan, peluang Giring untuk menggantikan Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan, cukup terbuka lebar.

"Peluang Giring untuk maju dalam Pemilihan Gubernur DKI mendatang sangat memungkinkan terlebih lagi PSI juga punya kursi di DPRD," ucapnya saat dikonfirmasi, Rabu (8/6/2022).

Walau demikian, Giring harus melewati jalan panjang bila ingin memimpin Jakarta. Sebab, PSI hanya punya delapan kursi di DPRD DKI Jakarta.

Artinya, PSI harus melakukan lobi-lobi politik agar ada fraksi lain yang ingin berkoalisi dan mengusung Giring.

Peneliti dari Pusat Riset Politik - Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP-BRIN) ini menambahkan, Giring juga harus bekerja lebih keras membuktikan kapasitasnya sebagai pimpinan.

"Melihat track record sebelumnya, baik itu manuver politik maupun jejak digitalnya, tentu Giring kerja keras untuk meyakinkan publik Jakarta akan potensi kapabilitasnya sebagai seorang pemimpin," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Giring PSI Mau Jadi Gubernur DKI, Warga Jakarta Ada yang Mau Milih?

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved