Palu Hari Ini

Omzet Budidaya Ikan Mujair Menggiurkan, Lurah Kabonena Canangkan Pembentukan Wisata Kampung Ikan

Melihat omzet pembudaya ikan mujair yang mencapai belasan hingga puluhan juta dalam sekali panen, Lurah Kabonena Putra M Airlangga mengatakan, jumlah

Penulis: Alan Sahrir | Editor: Haqir Muhakir
Alan
Lurah Kabonena Putra M Airlangga 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM, PALU - Melihat omzet pembudaya ikan mujair yang mencapai belasan hingga puluhan juta dalam sekali panen, Lurah Kabonena Putra M Airlangga mengatakan, jumlah pembudaya ikan diwilayahnya sangat banyak.

Namun, karena harga pakan yang tinggi, banyak yang pembudidaya ikan mujair harus gulung tikar.

Olehnya, untuk menumbuhkan kembali minat warganya dalam membudaya ikan, Ia mencanangkan pembuatan objek wisata kampung ikan.

"Memang kami rencanakan ini pembentukan wisata kampung ikan, nanti disini ada kolam ikan, sauna, karena disini mayoritas pembudidaya ikan. Cuman banyak kolam saat ini sudah tidak beroperasi lagi karena masalah pakan, tapi Insya Allah kedepan kita tata untuk menjadi objek wisata," ujar Putra M Airlangga, Senin (13/6/2022) sore.

Baca juga: Harga Pakan Mahal, Usaha Budidaya Ikan Mujair di Kelurahan Kabonena Palu Terancam Bangkrut

Putra M Airlangga menyebut, pihaknya telah melakukan beberapa kali upaya dalam mempertahankan pembudidaya ikan ini untuk tetap bertahan.

Namun tetap saja, harga pakan yang terlampau tinggi membuat pembudidaya tidak bisa melanjutkan usahanya.

"Tahun kemarin kami bantu pakannya melalui program Tube, karena memang pakan ini yang sangat sulit mereka dapatkan. Kalau tidak tertasi soal pakan, maka mereka tidak kembali modal," ungkapnya.

Lurah termudah Kota Palu itu menambahkan, Ia juga rutin mengajak para anak muda belajar budidaya ikan.

Hal itu dilakukannya agar anak muda di Kabonena termotivasi membuka usaha budidaya ikan.

"Kebetulan pak Faisal memiliki sertifikat dibagian budidaya ikan, istilanya kami memagangkan anak muda disini untuk memiliki skill budidaya ikan," terang Putra M Airlangga.

Putra M Airlangga mengharapkan, nantinya para pembudidaya ikan mujair ini mendapatkan pakan alternatif lain yang lebih murah.

Agar usaha budidaya ikan mereka terus bertahan dan menjadi penopang ekonomi di Kelurahan Kabonena.

"Harapan kami untuk tetap berkarya, karena sesuai tagline kami Kabonena Berkarya, karena Insya Allah ada kebijakan baru dari pimpinan (Wali Kota Palu, red) dan ini kami sudah kerjasamakan dengan BPIP untuk mencari alternatif pakan supaya bisa mendapatkan pakan yang lebih murah, mudah-mudahan dengan kerjasama dengan BPIP ini kami mendapatkan formulasi pakan baru dan memudahkan para pembudidaya," ucapnya sembari memberi semangat. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved