Pemilu 2024

Bawaslu Sigi Harapkan Partisipasi Masyarakat dalam Pemutakhiran DPT Pemilu 2024

Peranan masyarakat dalam pemilu kali ini tidak hanya saat vooting day 15 Februari 2024, melainkan juga dalam setiap tahapan.

Penulis: Moh Salam | Editor: mahyuddin
TRIBUNPALU.COM/SALAM
Ketua Bawaslu Sigi Steny Mariny Pettalolo 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sigi menilai peran masyarakat sangat penting dalam membantu pengawasan tahapan Pemilu 2024.

"Kami menyadari tugas ini tidak mudah karena terkait tugas-tugas pencegahan, pengawasan dan penindakan. Sehingga sangat penting Bawaslu Sigi menggandeng dari unsur masyarakat untuk bersama-sama kita mengawal proses ini melalui proses pencegahan pengawasan," ujar Ketua Bawaslu Sigi Steny Mariny Pettalolo,  Selasa (14/6/2022).

Kata Steny, peranan masyarakat dalam pemilu kali ini tidak hanya saat vooting day 15 Februari 2024, melainkan juga dalam setiap tahapan yang bakal dilalui tersebut.

"Kami berharap dalam setiap tahapan bukan hanya saat vooting day 15 Februari 2024 tetapi sebisa mungkin tahapan-tahapan awal bahkan di setiap tahapan pada pemilu ini keterlibatan masyarakat itu sudah berperan misal mulai tahapan rekrutmen," ucap Steny Mariny Pettalolo.

Menurutnya, masyarakat dapat berperan aktif dalam memberikan tanggapan terhadap calon penyelenggara di tingkat kecamatan.

Baca juga: Bawaslu Sigi Gandeng FKUB Kawal Tahapan Pemilu 2024

"Di situ masyarakat ikut berperan aktif dalam memberikan tanggapan terhadap calon penyelenggara di tingkat kecamatan, jangan sampai ada keterlibatan dari unsur-unsur dilarang undang-undang seperti dari partai politik bergabung di bagian penyelenggara," papar Steny Mariny Pettalolo.

Kata Steny, dalam pemutakhiran daftar pemilih tetap pun masyarakat harus terlibat di dalamnya.

"Tahapan pemutakhiran data perlu partisipasi masyarakat untuk membantu penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu untuk sama-sama mengawal proses pemutakhiran data ini agar supaya menjadi DPT yang akurat yang bisa kita gunakan," ucap Steny Mariny Pettalolo menambahkan.

Ketua Bawaslu Sigi itu meminta partisipasi masyarakat baik dari Ormas dan tokoh masyarakat dalam pengawasan terkait pemutakhiran DPT.

"Kita memastikan jangan sampai ada pemilih yang memenuhi syarat tapi tidak masuk dalam daftar pemilih, sementara pemilih yang tidak memenuhi syarat seperti sudah meninggal itu masih ditetapkan dalam daftar pemilih oleh KPU," tutur Steny Mariny Pettalolo.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved