Banggai Hari Ini

Bupati Amirudin Target Angka Stunting Banggai 14 Persen di Tahun 2024

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka memaparkan memaparkan dan target penurunan Stunting Banggai di Kabupaten Banggai saat rapat koordinasi tingkat Sulawe

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Bupati Banggai Amirudin Tamoreka memaparkan memaparkan dan target penurunan Stunting Banggai di Kabupaten Banggai saat rapat koordinasi tingkat Sulawesi Tengah, Senin (13/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI – Angka Stunting Banggai, Sulawesi Tengah terus menurun.

Berdasarkan data survei Status Gizi Indonesia, sejak tahun 2017 hingga 2021, angka Stunting Banggai mengalami penurunan 1 hingga 2 persen setiap tahunnya.

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka mengungkapkan, Stunting Banggai berada di angka 26 persen.

Sedangkan stunting di Sulawesi Tengah berada di angka 29,7 persen.

Baca juga: Tim Percepatan Penurunan Stunting Sulawesi Tengah Dikukuhkan, Ini Tugas Penting Mereka

“Kita masih memiliki PR untuk menurunkan angka stunting sesuai target pemerintah pusat, yaitu 14 persen pada tahun 2024, di mana stunting harus turun 4 persen setiap tahun” beber Bupati Amirudin saat rapat koordinasi penurunan stunting tingkat Sulawesi Tengah, di Luwuk, Kabupaten Banggai, Senin (13/6/2022).

Bupati Amirudin pun meminta semua pihak agar terus berupaya dengan sekuat tenaga melakukan konvergensi supaya program dan kegiatan lintas sektor tepat sasaran pada keluarga yang berisiko stunting tinggi.

Baca juga: Disebut Gagal Hentikan Hujan di Konser Musik, Rara Pawang Hujan:Kesempurnaan Hanya Milik Allah

Selain itu, para tim penilai dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk dapat memberikan saran dan masukan, apabila kinerja yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Banggai masih kurang dan perlu ditingkatkan.

Rapat koordinasi ini dirangkaikan dengan peluncuran program “Ayah dan Ibu Asu”.

Program ini nantinya melibatkan Bupati dan Wakil Bupati Banggai serta para pejabat dan pimpinan organisasi daerah dalam membantu keluarga kurang mampu yang memiliki risiko kekurangan gizi.

Rapat koordinasi ini juga menyediakan stand Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melihat sejauh mana kontribusi setiap instansi dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Banggai. 

Lalu proses penilaian dilanjutkan dengan tanya jawab terkait data dan program kerja oleh tim panelis kepada para pimpinan OPD dan pemangku kepentingan terkait. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved