Palu Hari Ini

Wawali Reny A Lamadjido Minta OPD Sukseskan Imuniasi Anak di Kota Palu

Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido memimpin Rapat Koordinasi bersama sejumlah pihak di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu, Jumat (17/6/2022)

Penulis: Alan Sahrir | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido, memimpin Rapat Koordinasi bersama sejumlah pihak di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu, Jumat (17/6/2022) siang. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM, PALU - Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido memimpin Rapat Koordinasi bersama sejumlah pihak di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu, Jumat (17/6/2022) siang.

Rapat tersebut membahas tentang percepatan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) bagi seluruh anak yang ada di wilayah Kota Palu.

Imunisasi Anak merupakan upaya yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan tahun 2022 untuk menggenjot cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun selama pandemi COVID-19.

Hal tersebut meliputi kegiatan imunisasi tambahan Campak Rubela dan imunisasi kejar (OPV, IPV dan DPT-HB-Hib) dengan baik dan dapat mencapai target yang diharapkan.

"Kenapa harus dilaksanakan BIAN? Karena jangan nanti kita sudah berhenti dengan Pandemi Covid-19, ternyata kita ada infeksi lain," ujar Reny A Lamadjido.

Baca juga: Pimpin Apel Kesadaran Nasional, Reny A Lamadjido Ingatkan Tanggungjawab dan Pelayanan ke Masyarakat

Dengan terselenggaranya kegiatan BIAN diharapkan kekebalan masyarakat terbentuk.

Sehingga pada akhirnya bisa mencapai eliminasi Campak-Rubela, mempertahankan status Indonesia Bebas Polio, mempertahankan eliminasi tetanus pada ibu hamil dan bayi baru lahir serta mengendalikan penyakit difteri dan pertussis.

Adapun sasaran pelaksanaannya adalah sebagai Imunisasi rambahan Campak Rubela yang diberikan untuk anak umur 9 Bulan - kurang dari 12 Tahun, serta pelengkap imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib bagi anak umur 12 - 59 Bulan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Hardi mengatakan, kendala yang dihadapi saat ini yakni minimnya pemahaman orang tua berkaitan dengan BIAN.

Sehingga, sudah menjadi tugas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu bersama Dinas Kesehatan Kota Palu dan pihak terkait lainnya untuk meyakinkan orang tua tentang imunisasi yang akan dilaksanakan.

Pelaksanaan BIAN dimulai sejak Mei 2022 dengan lokasi pelayanan di Posyandu, Satuan Pendidikan (TK, PAUD, SD)/Pesantren, Puskesmas, Fasyankes lain, dan Pos Imunisasi. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved