Palu Hari Ini

Harga Cabai Rawit Masih Tinggi di Pasaran Kota Palu, Pemerintah Ungkap Penyebabnya

Fungsional Perindag Provinsi Sulawesi Tengah, Siti Maimunah mengatakan, Harga Cabai di pasaran hari ini mengalami penurunan.

Penulis: Jolinda Amoreka | Editor: Haqir Muhakir
TRIBUNPALU.COM/JOLINDA AMOREKA
Fungsional Perindag Provinsi Sulawesi Tengah, Siti Maimunah mengatakan, Harga Cabai di pasaran hari ini mengalami penurunan. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com Jolinda Amoreka

TRIBUNPALU.COM, PALU - Harga Cabai rawit masih tinggi di pasaran Kota Palu, Senin (27/6/2022) sore.

Pantauan TribunPalu.com Harga Cabai merah sebesar Rp 85 ribu hingga Rp 88 ribu per kilogram di Pasar Induk Masomba, Kota Palu.

Fungsional Perindag Provinsi Sulawesi Tengah, Siti Maimunah mengatakan, Harga Cabai di pasaran hari ini mengalami penurunan.

“Dari yang tadinya cabai satu kilo 90 ribu, hari ini memang mengalami penurunan harga menjadi 85 ribu per kilogramnya,” ujar Siti Maimunah.

Pihak Disperindag Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan kenaikan harga cabai tersebut disebabkan oleh cuaca yang tidak menentu pada Sulawesi Tengah, sehingga mengakibatkan petani gagal panel.

“Penyebabnya itu paling besar karena cuaca yang tidak menentu, cuaca ini mengakibatkan petani cabai gagal panen. Sehingga berkurang stok cabai yang dapat dijual kepada konsumen, itu mengakibatkan kenaikan harga cabai melambung tinggi," kata Siti Maimunah.

Baca juga: 4 Daerah Rawan Peredaran Narkoba Ada di Kota Palu, Pemkot Ajak Semua Pihak Turun Tangan

Selain itu Siti Maimunah mengatakan bahwa adanaya praktek-praktek yang dilakukan oknum yang menjual cabai ke daerah lain dengan jumlah yang tinggi sehingga stok tidak dapat dipenuhi.

“Selain faktor cuaca, ada juga faktor dari penjual yang menjualkan cabai tersebut ke luar daerah dengan jumlah yang besar. Itu mengakibatkan stok cabai tidak dapat dipenuhi," ujar Siti Maimunah.

Disperindag Provinsi Sulawesi berharap agar pedagang tidak melakukan aktivitas perdagangan ke luar daerah dalam jumlah yang besar, sehingga stok cabai dapat diatasi dan harga cabai dapat kembali secara normal. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved