Polda Metro Jaya Soal Roy Suryo Unggah Foto Stupa Mirip Jokowi, Tegaskan Ada Unsur Pidana

Polda Metro Jaya akui ada unsur pidana yang menyeret nama Roy Suryo dalam kasus penistaan agama usai unggah Foto Stupa Mirip Jokowi.

Editor: Putri Safitri
istimewa
Roy Suryo tanggapi pernyataan Giring Ganesha. 

TRIBUNPALU.COM - Kasus dugaan penistaan agama yang menjerat Roy Suryo naik pada tahap penyidikan.

Hal ini terkait Roy Suryo yang unggah Foto Stupa Mirip Jokowi yang membuat geram beberapa pihak.

Kini Polda Metro Jaya akui ada unsur pidana yang menyeret nama Roy Suryo itu.

Jajaran Irjen Fadil ini juga memastikan bahwa dua laporan terhadap mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo terkait dugaan kasus penistaan agama memenuhi unsur pidana.

Untuk diketahui, Roy Suryo dilaporkan karena mengunggah meme Patung Sang Buddha yang diedit menjadi menyerupai wajah Presiden RI Joko Widodo.

Meme itu kemudian viral di media sosial.

"Dua laporan yang telah dipelajari dan dilakukan pemeriksaan pelapor dan saksi-saksi dinaikkan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan karena ada unsur pidana di dalamnya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Rabu (29/6/2022).

Kolase Roy Suryo - Pakar telematika, Roy Suryo banjir hujatan netizen usai mengunggah Foto Stupa Diedit Mirip Jokowi.
Kolase Roy Suryo - Pakar telematika, Roy Suryo banjir hujatan netizen usai mengunggah Foto Stupa Diedit Mirip Jokowi. (Kolase TribunPalu.com/Handover)

Keputusan tersebut diambil setelah polisi memeriksa pelapor dan saksi-saksi, serta melakukan gelar perkara.

"Penyidik menaikkan status penyelidikan menjadi penyidikan berdasarkan gelar perkara yang telah kami lakukan, kemudian kita juga telah melakukan pemeriksaan terhadap pelapor dan saksi-saksi, kemudian (melakukan) penyitaan barang bukti," ungkap Zulpan.

Selanjutnya, kata Zulpan, penyidik akan meminta keterangan dari saksi ahli agama, bahasa dan media sosial untuk melengkapi hasil pemeriksaan sebelumnya.

Penyidik juga akan mengajukan uji laboratorium forensik untuk memeriksa alat bukti yang telah disita terkait dugaan kasus penisataan agama tersebut.

Tangkapan layar foto editan stupa Candi Borobudur mirip Jokowi, yang kemudian diunggah ulang oleh Roy Suryo
Tangkapan layar foto editan stupa Candi Borobudur mirip Jokowi, yang kemudian diunggah ulang oleh Roy Suryo (Twitter/@KRMTRoySuryo2)

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, kasus unggahan meme patung Sang Buddha itu telah naik ke tahap penyidikan.

Unggahan itu sempat viral dan diunggah ulang oleh Roy Suryo melalui akun Twitter @KRMTRoySUryo2. Dedi menyebutkan, perkara tersebut akan ditangani Polda Metro Jaya.

Pasalnya, laporan yang diterima pihak Bareskrim terkait unggahan yang dibuat Roy Suryo itu telah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved