Banggai Hari Ini

Bupati Sebut Penerapan SPBE di Banggai Akan Menekan Penyalahgunaan Kewenangan

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka saat membuka sosialisasi SPBE di Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Senin (4/7/2022).

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Bupati Banggai Amirudin Tamoreka saat membuka sosialisasi SPBE di Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Senin (4/7/2022) siang. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah menggelar sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2022, Senin (4/7/2022).

Sosialosasi SPBE merupakan salah satu kunci sukses dalam program kota cerdas atau mart city.

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka saat membuka kegiatan mengatakan, tata kelola pemerintahan (governance) tidak terlepas dari prinsip-prinsip dasar penyelenggaraan pemerintahan yang baik, yaitu transparansi dan akuntabilitas.

Hal ini dikarenakan adanya prinsip untuk menjamin akses atau kebebasan bagi setiap individu agar dapat memperoleh informasi penyelenggaraan pemerintah.

Penerapan SPBE, lanjut dia, akan mendorong dan mewujudkan penyelenggaran pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, serta meningkatkan kolaborasi antarinstansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan bersama.

Baca juga: Petani Sawit Kembali Berunjuk Rasa di Kantor DPRD Banggai, Begini Tuntutannya

Baca juga: Grup Band Hersal Palu jadi Jawara Festival Rock Sulawesi di Kabupaten Banggai

“Penerapan SPBE juga akan meningkatkan kualitas dan mempercepat proses pelayanan publik, dan dapat menekan potensi penyalahgunaan kewenangan," kata Bupati Amirudin.

Sosialisasi SPBE dihadiri Dr. Wing Wahyu Winarno sebagai narasumber dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogjakarta. 

Kehadiran akademisi UGM itu kata Bupati Amirudin merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Banggai.

"Mudah-mudahan dengan kehadiran bapak bisa menambah wawasan kita semua untuk kemajuan daerah, khususnya dalam mengimplemantasikan sistem pemerintahan berbasis elektronik di Kabupaten Banggai," imbuhnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved