Banggai Hari Ini

Temui Petani Batui, Bupati Banggai Amirudin Tamoreka Janji Buat Pertemuan

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka didampingi Ketua DPRD Suprapto Ngatimin akhirnya menemui petani seusai rapat paripurna LKPD 2021, Selasa (5/7/2022) s

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
TRIBUNPALU.COM/ASNAWI ZIKRI
Bupati Banggai Amirudin Tamoreka didampingi Ketua DPRD Suprapto Ngatimin akhirnya menemui petani seusai rapat paripurna LKPD 2021, Selasa (5/7/2022) sore. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Bupati Banggai Amirudin Tamoreka didampingi Ketua DPRD Suprapto Ngatimin akhirnya menemui petani seusai rapat paripurna LKPD 2021, Selasa (5/7/2022) sore.

Petani asal Kecamatan Batui itu berunjuk rasa di kantor DPRD Jl KH Samanhudi Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah sejak kemarin siang.

Bahkan untuk menanti jawaban atas tuntutannya, petani nekat tidur di teras gedung wakil rakyat, lalu kembali berunjuk rasa dari pagi hingga sore tadi.

Di hadapan Bupati Amirudin dan Ketua DPRD Suptapto, perwakilan petani Widiawati mengungkapkan, petani sawit Batui merasa tidak puas dengan kerja-kerja tim Pokja yang dibentuk Pemkab Banggai untuk penyelesaian konflik petani dengan perusahaan sawit.

Baca juga: Pemkab Bone Pelajari Peningkatan Kinerja di Pemkab Banggai

Menurutnya, hasil kerja tim Pokja berupa berita acara sangat merugikan petani.

"Itulah yang membuat kami harus datang dan menginap di kantor DPRD Banggai," ungkap Widi-sapaan akrabnya.

Ia meminta Bupati Banggai bersikap tegas dengan mencabut izin HGU perusahaan sawit di atas lahan petani yang sudah bersetifikat dan ber-SKPT.

Sebab, lahan-lahan yang kini masuk dalam HGU PT Sawindo Cemerlang merupakan sandaran ekonomi petani untuk memenuhi kebutuhan keluarga di masa mendatang.

"Kembalikan lahan petani. Kami mau bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan keluarga kami," tandasnya.

Selain itu, lanjut Widi, konflik lahan sawit ini juga menjadi ancaman hukum untuk petani atau sangat berpotensi dikriminalisasi.

"Kami bolak-balik diperiksa di Polres Banggai," tuturnya.

Baca juga: Resep Spesial Idul Adha 2022: Sapi Lada Hitam, Sapi Masak Kecap Ngohyong hingga Rawon

Sehingga tidak ada alasan lain selain mengembalikan lahan petani agar bisa dikelola secara mandiri.

Menyikapi keluh kesah dan tuntutan petani, Bupati Banggai Amirudin Tamoreka menyatakan bahwa pertemuan sebelumnya antara petani dan perusahaan telah disepakati pembentukan tim Pokja.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved