Balut Hari Ini

Hadiri Upacara Mabangun Tunggul, Bupati Balut: Pemerintah Dukung Segala Kegiatan Kebudayaan

Perangkat Adat Banggai, Basalo Sangkap bersama Tomundo Banggai gelar upacara adat Mabangun Tunggul Kamali Padang Laya Babasaloan Kokini

Penulis: Citizen Reporter | Editor: Haqir Muhakir
TRIBUNPALU.COM/EMERSON
Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa dan perangkat Adat Banggai, Basalo Sangkap bersama Tomundo Banggai menghadiri upacara adat Mabangun Tunggul Kamali Padang Laya Babasaloan Kokini, Kamis (14/7/2022) siang. 

TRIBUNPALU.COM, BALUT - Perangkat Adat Banggai, Basalo Sangkap bersama Tomundo Banggai gelar upacara adat Mabangun Tunggul Kamali Padang Laya Babasaloan Kokini, Kamis (14/7/2022) siang.

Upacara Mabangun Tunggul ini berlangsung di Desa Lambako, Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah.

Upacara Mabangun Tunggul ini dihadiri Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa, Forkompinda Banggai Laut, Tokoh Agama dam Masyarakat Adat di Banggai Laut.

Ketua Panitia Pelaksana Upacara, Ramli Yusuf mengatakan, upacara Mabangun Tunggul Menunjukkan begitu dekatnya hubungan antara Agama dan adat masyarakat Banggai.

Baca juga: Stafsus Bupati Banggai Temui Mendag Zulkifli Hasan, Bahas Pasar sampai Potensi Ekspor

Dengan falsafah adat bersendi Syara, dan Syara bersendi kitabullah yang merupakan filosofi hidup yang dipegang teguh masyarakat adat Bakamalian Padang Laya, dan juga bertujuan untuk menolak bala serta membersihkan diri dari segala penyakit yang tidak diinginkan.

Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa menyambut baik kegiatan adat masyarakat tersebut.

Sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi terhadap semua kegiatan yang menyangkut kepentingan pembangunan di Banggai Laut.

"Budaya merupakan salah satu potensi daerah yang mendatangkan keuntungan bagi daerah, untuk itu pemerintah akan selalu memback up segala bentuk kegiatan masyarakat adat yang punya implikasi untuk membangun daerah Banggai Laut," ujar Kaepa.

Kedepannya, kata dia, pemerintah akan membangun dan memfasilitasi segala bentuk kegiatan kebudayaan yang nantinya menjadi pariwisata daerah yang bisa dinikmati oleh masyarakat luar daerah Banggai Laut.

"Bahkan Nasional maupun Internasional sesuai dengan visi Pemerintah Kabupaten Banggai Laut Kearifan Lokal yang Berbudaya," jelasnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved