Sulteng Hari Ini

Vera Rompas Mastura Bangga Kain Tenun Khas Sulteng Dikenal Secara Nasional

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Tengah, Vera Rompas Mastura membuka pelaksanaan Fashion Show dan Talkshow busan

Penulis: Alan Sahrir | Editor: Haqir Muhakir
Alan
elaksanaan Fashion Show dan Talkshow busana tenun/batik khas Sulteng yang digelar oleh dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Provinsi Sulteng. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM, PALU - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Tengah, Vera Rompas Mastura membuka pelaksanaan Fashion Show dan Talkshow busana tenun/batik khas Sulteng.

Kegiatan itu digelar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulteng di Sriti Convention Hall, Jl Durian, Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Senin (25/7/2022) malam.

Vera Rompas Mastura mengungkapkan, selama ini Dekranasda telah berkiprah dalam pembangunan daerah khususnya di bidang kerajinan.

Diketahui bersama bahwa, peran Dekranasda telah berhasil menunjukkan keberadaan sebagai mitra Pemda dalam memajukan kerajinan daerah Sulawesi Tengah.

Hal ini dapat dilihat dari berbagai program yang telah dilaksanakan Dekranasda Sulteng, diantaranya pemberdayaan Dekranasda kabupaten dan kota.

Baca juga: Ketua Harian LPTQ Tolitoli Hadiri Rakonsulda LPTQ Sulteng di Banggai

Serta mendorong munculnya berbagai kreasi kerajinan khas yang ada di setiap kabupaten dan kota

"Oleh karena itu melalui kesempatan ini kami berharap kiranya dinas instansi terkait agar mensinkronkan program kerjanya dengan dekranasda baik dekranasda provinsi maupun degradasi kabupaten kota," kata Vera Rompas Mastura.

Hal ini dimaksudkan sebagai upaya pembinaan secara bersama, terpadu untuk menghasilkan produk unggulan masing-masing daerah

Salah satu yang menjadi fokus utama Degranasda Sulteng selama ini adalah kerajinan tenun maupun batik yang dimiliki oleh masing-masing kabupaten kota, Khususnya kain tenun Donggala

Berkat usaha dan kreasi yang telah dilakukan dekranasda Sulteng,

Saat ini tenun kain Donggala sudah dikenal secara nasional sebagai ikon dari daerah Sulteng

"Apa yang telah dilakukan oleh dekranasda Sulteng dalam konteks tenun kain Donggala sesungguhnya bukan hanya berhasil mengembangkan kerajinan kain tenun Donggala dan memberdayakan para pengrajin melainkan sekaligus telah menjaga merawat dan melestarikan budaya daerah Sulteng," terang Vera Rompas Mastura.

Vera Rompas Mastura menambahkan, ajang pelaksanaan kegiatan fashion show ini, jangan hanya semata-mata untuk fashion saja.

Melainkan membangkitkan kembali para penenun yang ada di Sulteng.

Diketahui bahwa, Sulteng memiliki warisan leluhur tenun ikat.

Oleh karena itu dikranasda baik tingkat provinsi maupun kabupaten kota Sulawesi Tengah memiliki peranan penting dalam menjaga dan melestarikan tenun ikat serta para penenunnya

Hal ini agar para penenun terus giat berkarya dalam menghasilkan tenun yang berkualitas

"Tentunya dengan bangkitnya para penenun dapat memberikan kontribusi terhadap perputaran ekonomi di daerah," ungkapnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved