Sulteng Hari Ini

Ekonomi Sulteng Triwulan II-2022 Semakin Pulih, Berpotensi Tumbuh Kuat Hingga Akhir Tahun

Ekonomi Sulteng Triwulan II Tahun 2022 diprediksi melanjutkan tren pemulihan, dan juga berpotensi tumbuh kuat hingga akhir Tahun 2022.

Penulis: Ketut Suta | Editor: Haqir Muhakir
TRIBUNPALU.COM/SUTA
Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sulteng, Irfa Ampri saat konferensi APBN region, proyeksi pertumbuhan ekonomi TW II 2022, dan perkembangan indikator makro ekonomi. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Ketut Suta

TRIBUNPALU.COM, PALU - Ekonomi Sulteng Triwulan II Tahun 2022 diprediksi melanjutkan tren pemulihan, dan juga berpotensi tumbuh kuat hingga akhir Tahun 2022.

Itu disampaikan Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sulteng, Irfa Ampri saat konferensi APBN region, proyeksi pertumbuhan ekonomi TW II 2022, dan perkembangan indikator makro ekonomi.

Dia menjelaskan, Inflansi gabungan pada bulan Juli 2022 tercatat 5,12 persen, atau naik dibadingkan priode sebelumnya.

"Inflansi sebelumnya yakni pada Juni 2021 yang hanya sebesar -0,67 persen, atau mengalami deflasi," ujarnya di Aula Kanwil DJPb, Jl Tg Dako, Kecamatan Palu Selatan, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Ini Keunggulan Punya Akun Karirhub Kementerian Ketenagakerjaan RI

Irfa juga menuturkan, angka inflansi gabungan di tahun ini, merupakan pencapaian tertinggi sejak dua tahun terakhir.

Adapun kenaikan itu tidak lepas dari ketidak stabilan geopolitik, yang menyebabkan harga komoditas global menjadi tinggi.

Selain itu juga, efek dari adanya bencana nonalam, yakni pandemi Covid-19 dengan berbagai varian.

"Oleh karenanya, pemerintah terus menjaga kemampuan daya beli masyarakat dengan berbagai instrumennya. Khususnya pada masyarakat miskin dan rentan miskin," ujar Irfa.

"Selain itu, kenaikan inflansi menujukan bahwa adanya perbaikan mobilitas dan peningkatan konsumsi masyarakat," tuturnya menambahkan.

Kegiatan konferensi pers itu juga menghadirkan pemateri dari BPS Sulteng, Ekonomi BI Sulteng, dan Sekda Provinsi Sulteng.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved