Pilpres 2024

JOKOWI Balik Kanan Dukung Prabowo Subianto Jadi Capres 2024, Nasib Ganjar Pranowo Dicampakan?

Presiden Jokowi dukung Prabowo Subianto maju jadi calon presiden di Pilpres 2024. Lalu bagaimana nasib Ganjar Pranowo usai dicampakan Jokowi?

Editor: Putri Safitri
Kolase TribunPalu.com/Handover
KOLASE Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Presiden Jokowi dukung Prabowo Subianto maju jadi calon presiden di Pilpres 2024. Lalu bagaimana nasib Ganjar Pranowo usai dicampakan Jokowi? 

TRIBUNPALU.COM - Presiden Jokowi kini disebut lebih mendukung Prabowo Subianto maju jadi calon presiden di Pilpres 2024.

Padahal sebelumnya, Presiden Jokowi bak beri sinyal dukung Ganjar Pranowo jadi capres 2024.

Lalu bagaimana nasib Ganjar Pranowo usai dicampakan Jokowi?

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai, sangat wajar jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan endorsement atau mendukung Prabowo Subianto menjadi calon presiden (capres) 2024.

Menurut Qodari, Prabowo Subianto menjadi sosok yang paling pasti menjadi capres.

Hal itu disampaikannya dalam diskusi Total Politik bertajuk 'Gelar Musra, Jokowi Pilih Siapa?' di Jakarta Selatan, Minggu (7/8/2022).

"Secara rasional sangat masuk akal Pak Jokowi itu dekat dan dukung Pak Prabowo, kenapa? ya di antara calon presiden yang paling pasti itu dia, paling pasti bisa maju, punya peluang menang," kata Qodari.

Presiden Joko Widodo Jokowi) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai mengadakan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019).
Presiden Joko Widodo Jokowi) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai mengadakan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Qodari memaparkan Prabowo menjadi capres yang pasti karena dua hal.

Pertama karena dia ketua umum partai dan kedua memiliki elektabilitas yang tinggi di setiap hasil survei terkait capres.

Selain kedua faktor itu, Prabowo disebut Qodari sebagai simbol dari rekonsiliasi, karena menjadi bagian dari pemerintahan Presiden Jokowi.

"Yang paling logis buat Pak Jokowi mendukung capres kalau ada istilah mendukung, namanya Prabowo Subianto," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Pro Jokowi (Projo), Budi Arie Setiadi menilai Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) yang pasti dibanding tokoh-tokoh lainnya.

Hal itu disampaikannya dalam diskusi Perspektif Politik bertajuk 'Dilema Jokowi, Antara Politik Relawan dan Politik Partai' secara virtual, Rabu (3/8/2022).

"Soal pak Prabowo, loh dari semua calon yang ada itu cuma pak Prabowo yang pasti," kata Budi.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved