Kasus Brigadir J, Kapolri Listyo Sempat Hati-hati Sebab Ferdy Sambo Berprestasi

Kapolri Jenderal Listyo terkesan hati-hati pada awal kasus kematian Brigadir J ini. Sebab Irjen Ferdy Sambo perwira tinggi Polri yang berprestasi.

Editor: Putri Safitri
YouTube Kompas TV
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers terkait pengungkapan tersangka dalam kasus penembakan yang menewaskan Brigadir J. Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka, Selasa (9/8/2022). Kapolri Jenderal Listyo terkesan hati-hati pada awal kasus kematian Brigadir J ini. Sebab Irjen Ferdy Sambo perwira tinggi Polri yang berprestasi. 

TRIBUNPALU.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan Mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir J.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers, Selasa (9/8/2022).

Namun ternyata ini penyebab Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkesan hati-hati pada awal kasus kematian Brigadir J ini.

Sebab menurut Ketua SETARA Institute for Democracy and Peace Hendardi, Irjen Ferdy Sambo yang terlibat dalam kasus Brigadir J merupakan seorang jenderal atau perwira tinggi Polri yang juga berprestasi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka baru kasus kematian Brigadir J, Selasa (9/8/2022).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka baru kasus kematian Brigadir J, Selasa (9/8/2022). (Tangkapan Layar Kompas TV)

Hendardi pun menyebut kasus Brigadir J sebagai ujian untuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Meski pun pada akhirnya, Hendardi, mengatakan bahwa Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah lulus dari ujian tersebut.

Tak hanya itu, kata Hendardi, penyidikan pun sempat terhambat sebab informasi terkait kasus Brigadir J sangat massif.

Hendardi menganggap adanya keterlibatan petinggi Polri seperti Irjen Ferdy Sambo dalam kasus Brigadir J menjadi pembelajaran bahwa penegak hukum pun dapat melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

Irjen Ferdy Sambo tersangka

Tim Khusus (Timsus) yang dibentuk oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menetapkan Mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Timsus telah menetapkan FS sebagai tersangka," kata Listyo sebagaimana dikutip dari tayangan Breaking News KompasTV.

Dalam kesempatan itu, Kapolri menegaskan berdasarkan temuan Timsus tidak ada aksi tembak menembak seperti yang dilaporkan awal. 

"Ditemukan perkembangan baru bahwa tidak ditemukan fakta peristiwa tembak menembak sepertti yang dilaporkan. Timsus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap saudara J yang mengakibatkan J meninggalkan yang dilakukan RE atas perintah saudara FS," ungkap Kapolri. 

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang turun tangan umumkan tersangka ketiga, menimbulkan pertanyaan netize, apakah Irjen Ferdy Sambo tersangka.
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang turun tangan umumkan tersangka ketiga, menimbulkan pertanyaan netize, apakah Irjen Ferdy Sambo tersangka. (KompasTV)

Diketahui, sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Ferdy Sambo telah ditempatkan di tempat khusus di Mako Brimob, Sabtu (6/8/2022), karena diduga melakukan pelanggaran etik dalam penanganan kasus kematian Brigadir J. 

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved