Usung Prabowo Jadi Capres 'Lagi', Gerindra Kena Kritik Pedas: Tak Ada Regenerasi Calonnya Itu Aja

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kena kritikan setelah menyatakan diri siap maju di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Tribunnews/JEPRIMA
Prabowo Subianto. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kena kritikan setelah menyatakan diri siap maju di pemilihan presiden (Pilpres) 2024. 

TRIBUNPALU.COM- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kena kritikan setelah menyatakan diri siap maju di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Kritikan datang dari pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin.

Menurut penilaian Ujang, majunya Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mencerminkan partai politik (Parpol) di Tanah Air hanya dikuasai elite-elite tertentu.

"Ini cerminan bahwa partai politik kita dikuasai oleh elite-elite tertentu," kata Ujang Komarudin kepada Tribunnews.com, Senin (15/8/2022).

Baca juga: Prabowo Umumkan Maju Capres 2024, Pengamat: Fenomena Langka Tapi Memprihatinkan, Kaderisasi Gagal

Menurut dia, dijadikannya Prabowo Subianto sebagai capres menimbulkan konsekuensi bagi kader-kader Gerindra yang lain, termasuk Sandiaga Uno.

Menurut Ujang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia dan kader-kader Partai Gerindra yang lain tak bisa mencalonkan diri sebagai Capres imbas majunya Prabowo Subianto

"Tidak bisa mencapreskan diri dari Gerindra 2024 nanti, seperti Sandiaga Uno dan yang lain-lain. Itu konsekuensi ketika Ketua Umumnya Prabowo maju sebagai calon presiden," ungkapnya.

Ujang mengeklaim jika keputusan Prabowo maju lagi sebagai capres sesuai dengan analisisnya setelah Pilpres 2019.

"Saya katakan bahwa Prabowo itu 99,9 persen itu akan maju lagi dan terbukti kemarin dalam Rapimnas Gerindra, Prabowo mengatakan siap maju lagi 2024," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan konsekuensi dari partai politik (Parpol) yang tidak ada regenerasi mengakibatkan figur-figur baru tak bisa muncul.

"Saya melihat yah inilah konsekuensi kalau partai mohon maaf yah tidak ada regenerasi. Jadi calonnya akan itu-itu saja. Tapi itulah yang terjadi di politik kita," ucap Ujang.

Kendati demikian, ia tak mempersoalkan Prabowo maju sebagai capres 2024. Sebab, Partai Gerindra milik Prabowo.

"Ya tapi Gerindra itu kan memang miliknya Prabowo. Sahamnya juga dari Prabowo. Jadi pasti ya untuk kepentingan Prabowo, bukan untuk kepentingan Sandiaga Uno atau kader-kader partai yang lain," ucap Ujang.

Prabowo Nyatakan Siap Maju Capres

Prabowo mengumumkan kesediaan menjadi capres pada Pilpres 2024 dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Gerindra 2022 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (12/8/2022).

"Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab, saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden Republik Indonesia," ujar Prabowo.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Prabowo Subianto Capres 2024, Pengamat: Cerminan Parpol Hanya Dikuasai Elite Tertentu, 

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved