Sigi Hari Ini

Public Hearing Penanggulangan Bencana Inklusi di Sigi, Diharapkan Pemkab Terbitkan Kebijakannya

DMC Dompet Dhuafa Sulawesi Tengah bersama Pokja Opdis Sulteng dan LKS LU Pelita Hati Sigi melakukan Public Hearing

Penulis: Moh Salam | Editor: Salam Kerimov
Public Hearing Penanggulangan Bencana Inklusi di Sigi, Diharapkan Pemkab Terbitkan Kebijakannya - public-hearing-dorong-disabilitas-dan-lansia-inklusi.jpg
TRIBUNPALU.COM
DMC Dompet Dhuafa Sulawesi Tengah bersama Pokja Opdis Sulteng dan LKS LU Pelita Hati Sigi melakukan Public Hearing
Public Hearing Penanggulangan Bencana Inklusi di Sigi, Diharapkan Pemkab Terbitkan Kebijakannya - disabilitas-dan-lansia-inklusi-di-sigi.jpg
TRIBUNPALU.COM
DMC Dompet Dhuafa Sulawesi Tengah bersama Pokja Opdis Sulteng dan LKS LU Pelita Hati Sigi melakukan Public Hearing

TRIBUNPALU.COM, PALU - DMC Dompet Dhuafa Sulawesi Tengah bersama Pokja Opdis (Organisasi Penyandang Disabilitas) Sulteng dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS LU) Pelita Hati Sigi melakukan Public Hearing, Sabtu (20/8/2022).

Publik Hearing itu bertemakan Mendorong Kebijakan yang Inklusi di Kabupaten Sigi berlokasi di Cafe Tanaris Jl Juanda, Lolu Utara, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Salah satu pemateri Public Hearing Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Sigi Saiful Taslim menuturkan, agar adanya dukungan dari semua unsur Pentahelix dalam bentuk Penandatanganan petisi bersama dalam mendorong partisipasi bermakna penyandang Disabilitas dan lansia dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana yang inklusi di Kabupaten Sigi.

"Tujuannya untuk mendorong pemerintah Kabupaten Sigi untuk menerbitkan kebijakan dalam upaya Penyelenggaran penanggulangan bencana yang inklusi," ujar Saiful Taslim, Minggu (21/8/2022).

Baca juga: Polisi Tangkap Pelaku Penganiayaan di Desa Wisolo Sigi, Korbannya Meninggal Dunia

Ia mengatakan, hasil yang bakal diharapkan dari Public Hearing kali ini salah satunya terdapat komitmen dalam bentuk petisi semua unsur Pentahelix untuk mendukung partisipasi bermakna penyandang Disabilitas dan lansia dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana yang inklusi.

"Harapannya terbitnya kebijakan dari pemerintah Kabupaten Sigi tentang Penanggulangan bencana yang inklusi," tutur Ketua FPRB Kabupaten Sigi

Sementara itu Tim Perumus Policy Brief sekaligus Akademisi, Rustam Efendi menuturkan diharapkan kebijakan pemerintah itu harus berdasarkan hasil-hasil riset dari berbagi macam bentuk.

Baca juga: DPRD-Pemkab Sigi Setujui Dua Rancangan Peraturan Daerah

"Tapi ternyata ada gep, seharusnya yang menjadi dasar regulasi itu. Sehingga dibuatlah salah satu cara yaitu Policy Brief, tugasnya meringkas hasil-hasil penelitian kemudian itu digunakan oleh pemerintah untuk membuat kebijakan. Karena Policy Brief ini adalah ringkasan mudah dicermati dan dipahami serta subtansinya langsung ada disitu," sebut Rustam Efendi. 

Diakhir dilakukan Penandatanganan petisi untuk mendorong partisipasi bermakna penyandang Disabilitas dan lansia terkait penyelenggaraan penanggulangan bencana yang inklusi di Kabupaten Sigi. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved