Sigi Hari Ini

Pemkab Sigi Apresiasi Pembelajaran Kemitraan Inklusi untuk Pelokalan Proses Kemanusiaan

Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa Sulawesi Tengah melakukan Workshop Pembelajaran Kemitraan yang Inklusi terkait Pelokalan dalam Proses K

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir
TribunPalu.com/Moh Salam
Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa Sulawesi Tengah melakukan Workshop Pembelajaran Kemitraan yang Inklusi terkait Pelokalan dalam Proses Kemanusiaan di Kabupaten Sigi Program PIONEER 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa Sulawesi Tengah melakukan Workshop Pembelajaran Kemitraan yang Inklusi terkait Pelokalan dalam Proses Kemanusiaan di Kabupaten Sigi Program PIONEER.

Workshop Pembelajaran Kemitraan Inklusi itu bertempat di Cafe Tanaris Jl Juanda, Lolu Utara, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (24/8/2022).

Hadir dalam Pembelajaran Kemitraan Inklusi diantaranya Sekretaris Kabupaten Sigi Muh Basir, Perwakilan BP3D Sigi, Dinas Sosial Sigi, BPBD Sigi, Camat Sigi Kota dan Penyandang Disabilitas dan Lansia di Kabupaten Sigi

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh DMC Dompet Dhuafa Sulawesi Tengah menggandeng Pokja Opdis (Organisasi Penyandang Disabilitas) Sulteng dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS LU) Pelita Hati Sigi, serta didukung Anggota PIONEER. 

General Manager Disaster Risk Reduction DMC Dompet Dhuafa Shofa Qudus menuturkan, PIONEER sudah dijalankan selama 13 bulan dari 14 bulan yang direncanakan.

Menurutnya, program PIONEER terdiri dari pelatihan Pengelolaan Data Disabiltas dan Lansia, Membangun Mekanisme Koordinasi, sosialisasi Pengurangan Risiko Bencana, Pelaksanaan Monitoring Evaluation Accountability and Learning (MEAL), pengadaan alat kesiapsiagaan bencana, simulasi bencana dan lainnya.

“Harapannya melalui program ini dapat meningkatkan kapasitas, kemitraan setara dan partisipasi bermakna pada lembaga disabilitas dan LKSU dalam PIONEER di Kabupaten Sigi,” kata Shofa Qudus selaku General Manager Disaster Risk Reduction DMC Dompet Dhuafa.

Shofa mengatakan, model ini bertujuan untuk mewujudkan inklusi, kualitas, dan akuntabilitas respons kemanusiaan yang lebih baik dengan menciptakan ruang bagi OPDis, LKSLU, dan organisasi kemanusiaan untuk bersama-sama merancang, melakukan, memantau, dan mengevaluasi program kemanusiaan. 

Sementara itu Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi melalui Sekretaris Kabupaten Sigi Muh Basir mengapresiasi terhadap semua pihak dalam penanganan bencana di Wilayah Mareso Masagena. 

Sekkab Sigi menuturkan, Kegiatan Pembelajaran Kemitraan Inklusi dapat membangun pelokalan respons kemanusian inklusif.

Hal itu melalui Kemitraan antara Organisasi Penyandang Disabilitas (Opdis), Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia dan Lembaga Kemanusiaan Lokal melalui sebuah model disebut PIONEER.

"Jadi fokus yang tak kalah penting dalam program ini adalah memfasilitasi ruang partisipasi yang lebih bermakna dari perwakilan rakyat Penyandang Disabilitas dalam pembangunan ketangguhan inklusif. Saya berharap program ini kedepan akan memberikan kontribusi positif terhadap upaya pemulihan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dengan mendukung peningkatan aksesibilitas fasilitas publik dan pusat kesehatan masyarakat," ujar Sekretaris Kabupaten Sigi Muh Basir, Rabu (24/8/2022).

Dia berharap, nantinya Pembelajaran Kemitraan Inklusi dapat menjadi penghubung antara pengetahuan dan keterampilan pemkab dan lembaga Disabilitas serta LKSLU seimbang dengan lembaga Kemanusiaan dalam kegiatan penanggulangan bencana.

"Kepada OPD terkait dapat segera menindaklanjuti rencana yang akan dilaksanakan ini," tutur Basir. 

Diakhir juga diserahkan Bantuan dari Pokja Opdis LKSLU Pelita Hati ke Pemerintah Desa Bora antara lain Tandu 10 buah, kursi roda 2 buah, kruk/ tongkat 2 buah, Walker/tongkat 2 buah, Thermagun 5 buah, Kotak P3K 5 buah, Tas Siaga 50 buah, Pengeras suara 5 buah serta HT sebanyak 10 unit. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved