Siap-siap Subsidi Gaji Rp 600 Ribu Masuk ke Rekening Bulan September, Ini Cara Cek Daftar Penerima

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memberi bocoran jadwal pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau subsidi gaji.

Continental Currency Exchange
Ilustrasi uang. 

TRIBUNPALU.COM - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memberi bocoran jadwal pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau subsidi gaji.

Dikatakan Ida Fauziyah subsidi gaji 2022 Rp 600 ribu bisa cair pada bulan September ini.

Saat ini, Kemnaker masih menyelesaikan teknis mekanisme penyaluran BSU.

"Kemnaker terus menyiapkan dan memfinalkan segala hal teknis untuk proses penyaluran BSU. Kami terus berupaya agar BSU ini dapat tersalurkan pada September 2022 ini," kata Ida dalam siaran persnya, Rabu (31/8/2022).

Teknis pelaksanaan itu berupa penyelesaian administrasi keuangan dan anggaran untuk pengalokasian dana BSU; memfinalkan regulasi berupa Permenaker tentang Penyaluran BSU; serta berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait pemadanan data.

Baca juga: Kabar Baik dari Menkeu Sri Mulyani! BSU Bakal Segera Cair, Syarat Gaji Maksimal Rp 3,5 Juta

Diantaranya BKN, TNI, dan Polri agar BSU ini tidak tersalurkan ke ASN, anggota TNI, maupun anggota Polri.

"Melakukan koordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan terkait data calon penerima subsidi gaji dan koordinasi dengan Bank Himbara dan Pos Indonesia juga dijalin terkait teknis penyaluran BSU," ujar Ida.

"Pada hakikatnya Kemnaker akan mempercepat proses ini untuk menjamin ketepatan dan akuntabilitas penyaluran BSU tersebut," tambahnya.

BSU atau subsidi gaji akan diberikan  kepada 16 juta pekerja. BSU diberikan sebesar Rp600.000 kepada pekerja dengan gaji maksimal Rp3,5 juta. Total anggarannya adalah Rp9,6 triliun.

"Kebijakan ini diharapkan mampu menjaga daya beli masyarakat yang terdampak lonjakan harga yang terjadi secara global," tandas dia.

Cara Cek Penerima

Berikut 2 cara cek BLT subsidi gaji 2022 untuk karyawan dengan gaji per bulan kurang dari Rp 3,5 juta:

1. Cek BLT subsidi gaji 2022 via situs BPJS Ketenagakerjaan

  • Kunjungi laman bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Pilih menu "Cek Status Calon Penerima BSU" kemudian Anda akan masuk ke halaman cek penerima BSU.
  • Masukkan data sesuai kolom yang tersedia meliputi:
  • NIK
  • Nama lengkap
  • Tanggal lahir
  • Setelah mengisi data diri, klik gapcha "i'm not a robot' kemudian klik lanjutkan
  • Akan terlihat di akun tersebut jika Kamu penerima bantuan subsidi gaji.
  • Jika belum memiliki akun, maka Kamu wajib mendaftar dan melengkapi data diri mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, dan nama ibu kandung. Anda bisa melakukan aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirim ke nomor handhphone.

Setelah itu, bisa login ke akun tersebut, dan kembali melengkapi biodata diri seperti profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi.

Langkah terakhir adalah cek pemberitahuan. Jika Kamu terdaftar sebagai penerima, maka akan mendapatkan centang hijau notifikasi sebagai bukti kamu penerima BLT subsidi gaji.

2. Cek BLT subsidi gaji 2022 via situs Kemnaker

  • Buka situs bsu.kemnaker.go.id.
  • Daftar akun. Apabila pekerja belum memiliki akun maka harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Kemudian, aktivasi akun dengan menggunakan OTP yang akan dikirimkan melalui pesan teks pada nomor ponsel yang Anda daftarkan.
  • Jika sudah mendaftarkan akun, kemudian log in kembali menggunakan akun yang didaftarkan.
  • Lengkapi profil tahap ini, pekerja diminta untuk melengkapi biodata diri tentang Anda, termasuk status pernikahan dan tipe lokasi disertai foto profil.
  • Cek pemberitahuan setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi apakah termasuk "Calon Penerima BSU" atau hanya sekadar tulisan "Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2021", yang artinya Anda tidak terdaftar sebagai calon penerima bantuan sebesar Rp 600.000 tersebut.

Itulah informasi seputar cara cek BLT subsidi gaji 2022 secara online. Untuk tanggal pencairan BSU 2022, masih akan diputuskan oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan. 

(KompasTV/Kompas.com)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved