Aplikasi e-Billing yang Mudahkan Pelaporan dan Penyetoran Pajak Online

Aplikasi e-billing online dari KlikPajak by Mekari memudahkan pembayar pajak dalam membayarkan wajib pajak.

net
Ilustrasi pajak 

TRIBUNPALU.COM – Dewasa ini, e-billing online merupakan salah satu hal yang tidak dapat terpisahkan dari administrasi perpajakan perusahaan atau bisnis.

Aktivitas pembayaran pajak ini dilakukan sesuai dengan billing pajak yang sudah tercantum dalam e-billing pajaknya. Meski begitu, pengurusan pajak juga dapat menjadi hal yang cukup rumit, terlebih lagi bagi mereka yang baru mau memulai pengurusan pajaknya.

Metode pembayaran pajak

Pembayaran pajak dari waktu ke waktu telah mengalami banyak perubahan. Sebelumnya, pembayaran pajak sebuah perusahaan atau pribadi masih diurus dan dibayarkan secara manual.

Berikut beberapa metode pembayaran pajak yang dilakukan dalam beberapa metode dari waktu ke waktu.

1. Pembayaran langsung ke Kantor Kas Negara

Pembayaran langsung ke kantor kas negara merupakan cara paling awal yang dilakukan oleh banyak orang.

Awalnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan himbauan agar para pelaku bisnis maupun perusahaan untuk menunaikan wajib pajaknya secara langsung ke kantor tersebut.

Sayangnya, metode ini memiliki beberapa kendala, yakni lokasi kantor kas negara yang sulit untuk dijangkau, khususnya bagi para pelaku usaha bisnis yang berada di daerah terpencil. Sebab, kantor kas negara hanya berada di beberapa kota besar saja.  

2. Pembayaran melalui bank

Keterbatasan kantor kas negara membuat Kemenkeu memberikan kemudahan kepada wajib pajak untuk membayarkan pajaknya melalui pihak bank.

Kemudahan ini memberikan dampak dalam meningkatkan wajib pajak, meskipun tidak terlalu signifikan. Hal ini dikarenakan, hanya beberapa bank tertentu saja yang dapat melayani pembayaran pajak.

3. Pembayaran melalui online

Seiring dengan perkembangan zaman, Kemenkeu menghadirkan sistem pembayaran pajak secara online. Akan tetapi, saat itu masih banyak elemen masyarakat, khususnya pelaku usaha kecil dan menengah yang belum memahaminya karena sistem tersebut masih terbilang baru.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved