Menko Perekonomian

Hasil Survei: Airlangga Hartarto Capres Teratas Dipasangkan dengan Ganjar Atau Pun Anies

Hasil Survei Warna Institute menempatkan nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai calon presiden teratas jika dipasangk

Penulis: Rezha Rinaldy | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Hasil Survei Warna Institute menempatkan nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai calon presiden teratas jika dipasangkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maupun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

TRIBUNPALU.COM - Hasil Survei Warna Institute menempatkan nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai calon presiden teratas jika dipasangkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maupun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif Warna Institute Rinjani Dwi Harini menuturkan, dalam simulasi Airlangga-Ganjar, pasangan calon ini dipilih terbanyak responden dengan 40,8 persen.

“Jika dipasangkan sebagai capres dan cawapres, didapati dari hasil survei pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo menjadi pasangan yang paling banyak dipilih dengan tingkat keterpilihan 40,8 persen,” tutur Rinjani dalam paparan surveinya, Kamis (1/9/2022).

Di simulasi ini, paslon urutan kedua ditempati Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar dengan 20,1 persen. Sementara di urutan ketiga, muncul nama pasangan Anies Baswedan-Puan Maharani yang dipilih sebanyak 16,2 persen dari 2.200 responden.

Baca juga: Airlangga Hartarto Bertemu Delegasi PKC, Janjikan Stabilitas Politik dalam Investasi Tiongkok

Rinjani menambahkan, dalam simulai tiga nama lain, Airlangga yang dipasangkan dengan Anies Baswedan juga menjadi paslon paling banyak dipilih. Airlangga-Anies dipilih sebanyak 32,4 persen responden.

Sementara di urutan kedua, Prabowo Subianto-Andika Perkasa dipilih sebanyak 31,1 persen, disusul Ganjar Pranowo-Puan Maharani dengan 20,3 persen.

Menurut Rinjani, kemenangan Airlangga ini didukung dengan elektabilitas Ketum Golkar yang tinggi dalam survei yang sama.

Warna Institute menemukan, sebanyak 29,2 persen responden memilih Airlangga jika pilpres digelar saat survei.

Di urutan kedua, muncul nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra yang dipilih 24,7 persen responden.

Di urutan selanjutnya, muncul nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan 10,7 persen, Ganjar Pranowo (6,2 persen), dan Anies Baswedan (4,2 persen).

Baca juga: Forum Ustadz dan Santri Purwakarta Dukung Airlangga Hartarto Maju Capres 2024

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved