DPRD Palu

Pekerja Tersengat Listrik saat Bekerja, Anggota DPRD Palu Angkat Bicara

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu Mutmainah Korona menanggapi kecelakaan kerja yang dialami oleh 8 pekerja lampu jalan, Senin (5

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu Mutmainah Korona menanggapi kecelakaan kerja yang dialami oleh 8 pekerja lampu jalan, Senin (5/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu Mutmainah Korona menanggapi kecelakaan kerja yang dialami oleh 8 pekerja lampu jalan, Senin (5/9/2022).

Anggota Fraksi Partai Nasdem itu mengatakan, perlunya standar mekasnime perlindungan keselamatan kerja bagi pekerja yang berada di Kota Palu.

"Terkait dengan adanya kejadian 8 orang pekerja lampu jalan yang mengalami kecelakaan kerja yang mengakibatkan diantaranya meninggal dunia, maka perlu ada standar mekasnime perlindungan keselamatan kerja bagi semua vendor dan pelaku usaha lainnya yang mempunyai pekerjaan atau berada di wilayah kerja beresiko tinggi bagi keselamatan Kerja," ujar Anleg DPRD Palu, Mutmainah Korona.

Korona yang merupakan Anggota Komisi A itu menjelaskan, agar setiap vendor atau pelaku usaha mempunyai SOP Perindungan tenaga kerja seperti pekerja menggunakan seragam sesuai standar keamanan.

"Ada beberapa hal harus menjadi perhatian utama salah satunya ada laporan atau koordinasi antara vendor dengan pihak lain seperti PLN mengenai titik yang beresiko sebelum melakukan pekerjaan," kata Perempuan sering disapa Kak Neng tersebut. 

Legislator Perempuan di DPRD Palu itu menuturkan, Standar mekanisme perlindungan tenaga kerja mutlak dimiliki oleh semua vendor.

"Ini harus menjadi syarat utama dalam penentuan vendor atau pihak ketiga sebelum kontrak di mulai," tutur Korona.

Selain itu Dia pun meminta Pemerintah Kota Palu segera membuat pendampingan penguatan kepada seluruh pelaksana proyek terkait standar keselamatan kerja. 

"Dan wajib hukumnya semua pekerja mempunyai asuransi ketenagakerjaan," ujar Kak Neng. 

Diketahui Delapan orang pekerja Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Palu, tersengat listrik saat bekerja.

Kejadian itu tepatnya di Bundaran STQ Palu, Jl Soekarno-Hatta, Kelurahan Talise, Kacamatan Mantikulore, Sulteng, Senin (5/9/2022) pagi.

Tiga diantaranya meninggal dunia saat berada di rumah sakit. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved