Sigi Hari Ini

Warga Desa Mpanau Demo Tuntut Kades Turun, Bupati Sigi Temui Massa Aksi

Warga Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi melakukan aksi meminta Kades turun dari jabatannya.

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir
TribunPalu.com/Moh Salam
Warga Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi melakukan aksi meminta Kades turun dari jabatannya, Selasa (6/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Warga Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi melakukan aksi meminta Kades turun dari jabatannya.

Massa Aksi pun unjuk rasa didepan Kantor Desa, Jl Karanjalembah Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (6/9/2022).

Koordinator Lapangan Abdul Gafur meminta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mpanau untuk segera membuat surat pengusulan Pemberhentian Kades Mpanau bernama Sarif.

Surat pengusulan itu ditujukan kepada Bupati Sigi melalui Camat Sigi Biromaru.

"Kades Mpanau diduga melanggar kewajiban dan larangan antara lain Penyelewengan dana desa tahun Anggaran 2020 dan 2021," ujar Abdul Gafur.

Dia mengatakan, Kades Mpanau juga diduga tidak menaati dan menegakkan perundang-undangan dalam hal memberhentikan Kepala Dusun II.

"Jadi Kades Mpanau ini Diskriminatif terhadap masyarakat penerima huntap, pemuda dan masyarakat Desa Mpanau, " kata Abdul Gafur.

Sementara itu Massa Aksi pun diterima langsung oleh Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta didampingi Kadis PMD Andi Wulur, Kapolres Sigi AKBP Reja A Simanjuntak, dan Camat Sigi Biromaru Mohammad Zain. 

Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta menuturkan akan segera melakukan pertemuan dengan Inspektorat guna membahas tuntutan massa aksi tersebut. 

"Setelah ini saya buat pertemuan dengan Inspektorat untuk clearkan persoalan ini," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta

Ia menyebutkan, pihaknya tidak bisa langsung memberhentikan Kepala Desa Mpanau.

"Ini ada aturan main, dari pemerintah tidak langsung serta merta memberhentikan Kepala Desa. Aturan ada dan tidak sembarangan, saya tidak membela siapapun, aturan saya pegang," sebut Bupati Sigi

Massa aksi pun membubarkan diri setelah mendengarkan keputusan dan rekomendasi dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved