Sigi Hari Ini

Rekomendasi BPD Mpanau Setuju Pemberhentian Kepala Desa

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi mengeluarkan rekomendasi hasil pleno terkait tuntutan warga agar Kepa

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir
TribunPalu.com/Moh Salam
Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mpanau Sofyan Maradjauna (tengah) Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi mengeluarkan rekomendasi hasil pleno terkait tuntutan warga agar Kepala Desa mundur dari jabatannya. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi mengeluarkan rekomendasi hasil pleno terkait tuntutan warga agar Kepala Desa mundur dari jabatannya. 

Rekomendasi itu pun ditandatangani seluruh Anggota BPD Mpanau yang berjumlah 9 orang.

Ketua BPD Mpanau Sofyan Maradjauna mengatakan, pihaknya pasca unjuk rasa oleh masyarakat langsung melakukan pleno dan mengeluarkan rekomendasi tertanggal 6 September 2022.

Hasil pleno tersebut memuat 6 point dan diteruskan kepada Camat Biromaru untuk ditembuskan kepada Bupati Sigi.

Poin rekomendasi antara lain Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam hal ini akan mengawal sepenuhnya tuntutan masyarakat desa Mpanau berdasarkan 8 poin yang tertuang dalam tuntutan Aliansi Masyarakat Desa Mpanau, serta meminta kepada Pemerintah Kabupaten untuk secepatnya membentuk tim guna melakukan audit terhadap pemerintah desa dalam penggunaan anggaran.

Baca juga: Bantu Warga Pasca Naiknya Harga BBM, Polresta Palu Bagikan 200 Paket Beras ke Sopir Angkot dan Ojol

Baca juga: Bupati Sigi Bentuk Timsus Tindaklanjuti Permasalahan Desa Mpanau

Selain itu BPD meminta Dinas PMD Kabupaten Sigi meninjau kembali atas pemberhentian kepala dusun II yang dilakukan oleh Kades Mpanau.

"Jadi BPD akan merekomendasikan kepada Bupati Sigi melalui Camat Sigi Biromaru atas tuntutan masyarakat Mpanau dan berharap agar pemerintah daerah meninjau kembali nama-nama penerima huntap yang ada di desa Mpanau," ujar Sofyan, Kamis (8/9/2022).

Sofyan menyebutkan, salah satu poin rekomendasi adalah menyetujui tuntutan masyarakat atas pemberhentian Kades Mpanau bernama Sarif. 

"BPD menyetujui tuntutan masyarakat atas pemberhentian Kepala Desa Mpanau dan menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah," kata Ketua BPD Mpanau tersebut. 

Sementara itu Camat Sigi Biromaru Mohammad Zain pun sudah menyurat kepada Bupati Sigi terkait tuntutan dan rekomendasi dari BPD Mpanau tentang pemberhentian Kades Mpanau. 

Rencananya Pemkab Sigi bersama Inspektorat akan membentuk Tim Khusus (Timsus) melakukan audit dan pemeriksaan kepada seluruh aparat Desa Mpanau. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved