Palu Hari Ini

Hadianto Minta Pengurus IPIM Kota Palu Aktif Beri Pendidikan Rohani pada Jamaah

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid berharap, pengurus Ittihad Persaudaraan Imam Masjid yang baru saja dilantik aktif memberikan pendidikan rohani bagi jem

Penulis: Alan Sahrir | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Pelantikan ketua IPIM Kota Palu pipimpin langsung Wali Kota Palu Hadianto Rasyid didampingi Ketua Umum Pimpinan Wilayah Ittihad Persaudaraan Imam Masjid Sulawesi Tengah Abdul Azis Tamaun 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM,PALU - Wali Kota Palu Hadianto Rasyid berharap, pengurus Ittihad Persaudaraan Imam Masjid yang baru saja dilantik aktif memberikan pendidikan rohani bagi jemaah.

Ini dikatakannya saat pengukuhan ketua umum IPIM Kota Palu di Hotel Santika,Jl Moh Hatta, Kelurahan Lolu Utara, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Jumat (9/9/2022) pagi.

"Harapan saya kepada pengurus pimpinan daerah IPIM Kota Palu masa khidmat 2022-2027 yang baru dilantik, harus lebih evaluatif terhadap apa saja yang akan dilakukan organisasi dalam pembangunan bidang pendidikan kerohanian di kota palu dilandasi nilai-nilai keimanan kepada Allah SWT," pintanya.

Hadianto Rasyid bersyukur, pengurus IPIM Kota Palu ternyata selalu berinisiatif melakukan berbagai kegiatan bertujuan membina, dan memberdayakan kualitas SDM pengelola Masjid.

Menurutnya, ini sejalan dengan program pemerintah mewujudkan Palu Religi, Palu Mantap Beriman dan Palu bergerak bersama menuju Palu Adipura.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum Pimpinan Daerah IPIM Kota Palu Sirajuddin.

Ia menyebutkan bahwa, IPIM dibentuk pada tahun 2013 sebagai Organisasi Non Politis, Independen dan tidak Berafiliasi ke salah satu Organisasi Keagamaan dan Organisasi Politik tertentu.

"IPIM berazaskan Agidah Islam Ahlusunnah Waljamaah, dan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," terangnya.

Sirajuddin menjelaskan, IPIM berfungsi sebagai wadah perhimpunan dan wahana untuk memberdayakan para Imam Masjid.

Tujuan lainnya meningkatkan dan memberdayakan kompetensi Imam Masjid sebagai Pemimpin Informal Masyarakat dalam rangka tercapainya tujuan Islam untuk melahirkan sebuah tatanan masyarakat yang Rahmatan Lil'aalamiin.

Berawal dari sebuah pemikiran betapa pentingnya peran Imam sebagai ujung tombak garda terdepan mengantar ummat menjadi perantara untuk mengenal dan meraih cinta kepada Sang Khalid.

Imam memiliki karakteristik tersendiri yang merupakan representasi dari Pemimpin ummat.

Imam juga memiliki kekhususan-kekhususan di mata Allah SWT.

"Mencari dan Mengangkat seorang Imam bukanlah perkara gampang, khususnya keilmuan dan ketawadduannya akan mampu mengantar doa-doa untuk di Ijabah oleh Allah SWT. Betapa pentingnya peranan para Imam, inilah yang menginspirasi para ulama-ulama kita sehingga membuatkan wadah khusus agar fokus memikirkan para Imam dalam tugas dan kesejahteraannya," jelas Sirajuddin. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved