Pemilu 2024 Sulteng

Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Palu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palu menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif jelang pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2024.

Penulis: Ketut Suta | Editor: Haqir Muhakir
TRIBUNPALU.COM/SUTA
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palu menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif jelang pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2024. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Ketut Suta

TRIBUNPALU.COM, PALU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palu menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif jelang pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2024.

Sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif itu berlangsung di Kampung Nelayan Resto, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Senin (12/9/2022).

Turut hadir dalam sosialisasi, kepala Bawaslu Sulteng Jamrin, organisasi masyarkat, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), tokoh masyarakat dan pemuda, sekolah kader pengawas partisipatif, pemilih pemula, dan lain sebagainya.

Selain sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif, kegiatan itu juga dibarengi dengan penandatanganan nota kesepemahaman.

Penandatanganan nota kesepemahaman tersebut, antara Bawaslu Kota Palu dengan lembaga atau organisasi dan tokoh masyarakat di Kota Palu, Sulteng.

Baca juga: Dukung Inovasi Energi Bersih Masa Depan, PLN Gelar Program Pengembangan Startup

Kepala Bawaslu Palu, Ivan Yudharta mengatakan, pengawasan partisipatif penting dilakukan untuk upaya bentuk pencegahan dari Bawaslu Kota Palu.

Terutama dalam mengawasi pemilu di ruang privat yang tidak tersentuh oleh pengawas pemilu. 

"Apalagi, masyarakat merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di negara demokrasi ini," ujar Ivan.

"Sehingga melalui sosialisasi seperti ini, akan ada transfer pengetahuan dari Bawaslu terhadap pelaksanaan pengawasan kedepan," tuturnya menjelaskan.

Dia juga menjelaskan, selain pengawasan dari Bawaslu saat pemilu, peran dari elemen dan organisisasi masyarakat juga penting.

Karena pelaksanaan pemilu merupakan hajatan perwujudan dari kedaulatan warga negara.

"Sehingga juga, dalam pemilu sangat diperlukan adanya pengawasan langsung dari masyarakat. Karena itu merupakan tanggung jawab bersama, dan bukan hanya lembaga Bawaslu saja," ujar Ivan.

Kegitan sosialisasi pengawasan pemilu partisiparif kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh kepala Bawaslu Sulteng.

Selain itu juga, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh forum yang hadir dalam kegiatan tersebut.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved