Pemilu 2024 Sulteng

KPU Sigi Matangkan Fungsi PPID dan Kehumasan Jelang Pemilu 2024

KPU Kabupaten Sigi melakukan Sosialisasi tatap muka pengembangan Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan kehumasan

Penulis: Moh Salam | Editor: Salam Kerimov
KPU Sigi
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi melakukan Sosialisasi tatap muka pengembangan Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan kehumasan. 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi melakukan Sosialisasi tatap muka pengembangan Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan kehumasan.

Sosialisasi itu bertempat di Kantor KPU Sigi, Desa Maku, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah

Komisioner KPU Sigi Anhar mengatakan, Komisi Pemilihan Umum merupakan salah satu lembaga penyelenggara pemilu yang mengelola informasi kepemiluan.

"Humas KPU memiliki peran untuk memberikan akses dan pelayanan informasi kepemiluan kepada masyarakat," ujar Anhar, Rabu (14/9/2022).

Baca juga: Kesbangpol dan Bawaslu Minta KPU Sigi Maksimalkan Pelayanan Proses Tahapan Pemilu

Sementara itu Ketua KPU Sulawesi Tengah Nisbah menjelaskan secara detail fungsi kehumasan sangat strategis. 

Hal itu disebabkan memiliki peran dalam menyampaikan atau menyebar informasi kepemiluan secara berkesinambungan sehingga informasi kepemiluan tersampaikan kepada masyarakat.

"Kalau ada pertanyaan dari masyarakat, apa sebenarnya yang dilakukan KPU, karena sejauh ini masyarakat menganggap bahwa KPU hanya melaksanakan pemungutan suara pada momen pemilihan atau Pemilu. Padahal rangkaian pelaksanaan pemilu itu cukup panjang,” jelas Nisbah.

Baca juga: KPU Sigi Canangkan Wilayah Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih

Ketua KPU Sulteng itu menuturkan, pihaknya juga melakukan penguatan terhadap kemungkinan adanya masalah hukum, termasuk dalam tahap pendaftaran dan verifikasi partai politik saat ini.

Pemateri dalam Sosialisasi PPID dan Kehumasan tersebut adalah Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah Sahran Raden.

Menurut Sahran Raden, Humas merupakan corong organisasi yang memiliki peran penting untuk menetralisir segala berita Hoax dan informasi ujaran kebencian yang ada dimasyarakat.

“Humas juga berperan sebagai garda terdepan menginformasikan berita yang benar tentang kepemiluan. Hal ini yang mendelegitimasikan kepercayaan publik terhadap penyelenggara Pemilu, untuk membangun dan mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara KPU, peserta pemilu  dan pemilih,” kata Anggota KPU Sulteng, Sahran Raden. 

Dia menjelaskan terdapat beberapa kepentingan kehumasan KPU pada stakeholder seperti kepentingan terhadap Informasi kepemiluan, kepentingan terhadap regulasi, kepentingan terhadap pengawasan, serta kepentingan peserta dan pemilih.

“Selanjutnya adalah pemangku kepentingan pendukung yang berasal dari organisasi masyarakat sipil, perguruan tinggi dan media massa serta pemangku kepentingan kunci yaitu pemerintah, kepolisian, kejaksaan, pengadilan, BPKP dan lainnya,” tutupnya.

Peserta Sosialisasi tersebut dari beberapa Instansi antara lain Bagian Humas Pemkab Sigi, Humas Infokom Sigi, Dukcapil Sigi, Humas Lapas Perempuan Kelas II Palu, Perwakilan Camat Dolo dan Humas Bawaslu Kabupaten Sigi. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved