Tolitoli Hari Ini

Sosok Owner Hotel Mitra Utama Tolitoli: Perantau Bugis, Sempat Jualan Kain di Pasar

Sosok Pasangan H Syamsu Nurdin dan Hj Arismawati Arifin owner Hotel Mitra Utama di Jl Matatuang, Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli.

Penulis: mahyuddin | Editor: Putri Safitri
TRIBUNPALU.COM
Hotel Mitra Utama di Jl Matatuang, Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Canda dan tawa menyertai perbincangan TribunPalu.com dengan owner Hotel Mitra Utama di Tolitoli, Kamis (15/9/2022).

Hotel Mitra Utama merupakan salah satu hotel berlantai tiga, berada di Jl Matatuang, Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah.

Keramahan kedua owner Hotel Mitra Utama itu pun mencairkan wawancara eksklusif TribunPalu.com.

Pasangan H Syamsu Nurdin dan Hj Arismawati Arifin merupakan perantau Bugis yang sudah 34 tahun merintis usahanya di Kabupaten Tolitoli.

"Awalnya kami berjualan kain setelah menikah, sekitar tahun 1994. Saya ikut bantu suami sebentar, tapi karena itu bukan dasar saya, jadi buka swalayan di Plaza Tolitoli dan suami tetap berjualan kain," kata Arismawati bercerita.

Sosok Pasangan H Syamsu Nurdin dan Hj Arismawati Arifin owner Hotel Mitra Utama di Jl Matatuang, Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli.
Sosok Pasangan H Syamsu Nurdin dan Hj Arismawati Arifin owner Hotel Mitra Utama di Jl Matatuang, Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli. (TRIBUNPALU.COM/MAHYUDDIN)

Ibu tiga anak kelahiran 24 September 1977 itu menjelaskan, bisnis suaminya kemudian tutup terlebih dahulu sehingga suaminya turut membantu dalam pengelolaan swalayan.

Sembari meningkatkan omzet dari hasil jualan bahan campuran di swalayannya itu, pasangan itu juga merintis hotelnya yang hanya berjarak 10 meter dari kantor DPRD Tolitoli.

Pembangunan Hotel Mitra Utama di atas lahan berukuran 20x52 meter persegi mulai beroperasi 2015.

Kini hotel dengan 21 kamar itu mempekerjakan belasan pegawai dan menjadi tujuan pengunjung di Tolitoli.

Hotel yang memiliki dua gedung pertemuan itu bahkan menjadi pusat kegiatan pemerintah maupun swasta.

Halaman
123
Sumber: Tribun Palu
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved