Sulteng Hari Ini

Partai Rakyat Adil Makmur Dukung Keputusan Gubernur Sulteng Tak Perpanjang Kontrak PT Vale

Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) mendukung langkah Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk tidak melanjutkan izin kontrak PT Vale.

Penulis: fandy ahmat | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Jubir Prima Sulteng Azman Asgar 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Fandy Ahmat

TRIBUNPALU.COM, PALU - Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) mendukung langkah Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk tidak melanjutkan izin kontrak PT Vale.

Prima menilai berakhirnya izin kontrak karya milik PT Vale merupakan momentum bagi daerah untuk mengambil langkah strategis terkait peningkatan fiskal daerah.

"Langkah Bapak Rusdy Mastura sudah tepat sebagai pemimpin yang membranding dirinya gubernurnya rakyat. Langkah ini harus kita dukung bersama," ujar Juru Bicara Prima Sulteng Asman Azgar, Senin (19/9/2022).

Azman menganggap tak ada sumbangsih signifikan terhadap daerah dari PT Vale selama 50 tahun beroperasi.

Menurutnya, daerah harus harus lebih percaya diri mengelola kekayaan alamnya sendiri.

Izin PT Vale yang akan berakhir harus segera dikembalikan ke Perusahaan Daerah (Perusda) Sulawesi Tengah.

Sehingga Prima berharap peran Perusda juga diperkuat dengan cara membangun sistem yang, profesional, transparan dan akuntabel.

"Sumber daya yang ada harusnya bisa memberi asas manfaat untuk peningkatan pendapatan daerah di semua sektor. Semangat gubernur menolak perpanjangan izin Vale harus dilihat sebagai usaha melawan hegemoni sistem ekonomi neoliberal di sektor pertambangan," tutur Azman.

Selain Rusdy Mastura, penolakan perpanjangan kontrak PT Vale juga datang dari dua gubernur lainnya, yakni Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Bahkan, parlemen se Sulawesi juga memperkuat barisan untuk menyetop perpanjangan kontrak perusahaan yang bermarkas di Kanada tersebut.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved