Cocok untuk Penderita DIABETES, Inilah Sederet Makanan yang Bantu Kendalikan Kadar Gula Darah

Berikut sejumlah makanan yang membantu mengendalikan kadar gula darah seperti bawang putih, kacang-kacangan, buah-buahan hingga oatmeal.

KOMPAS.COM
Ilustrasi Diabetes- Berikut sederet makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes. 

TRIBUNPALU.COM - Tubuh penderita diabetes tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin dengan baik, menyebabkan glukosa menumpuk di dalam darah.

Memilih makanan indeks glikemik (GI) rendah adalah salah satu cara untuk membantu mengelola kondisi tersebut.

Melansir dari laman Medical News Today, bagi penderita diabetes, makanan dan minuman yang diserap tubuh secara perlahan adalah yang terbaik karena tidak menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah.

GI mengukur efek makanan tertentu pada kadar gula darah. Orang yang ingin mengontrol kadar gula darah mereka harus memilih makanan dengan skor GI rendah atau sedang.

Anda juga dapat memadukan berbagai makanan dengan skor GI rendah dan tinggi untuk memastikan makanan seimbang.

 Para peneliti menyarankan bahwa pola makan GI rendah dapat meningkatkan respons gula darah seseorang dari waktu ke waktu.

Namun, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa makan jenis makanan tertentu dapat menurunkan kadar gula darah seseorang dalam keadaan darurat terkait diabetes.

Berikut adalah beberapa makanan terbaik untuk orang yang ingin menjaga kadar gula darah yang sehat:

1. Buah-buahan

Kecuali nanas dan melon, kebanyakan buah memiliki skor GI rendah yaitu 55 atau di bawah. Ini karena sebagian besar buah segar mengandung banyak air dan serat untuk menyeimbangkan gula alami mereka, yang disebut fruktosa.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Palu
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved