Survei Terbaru Charta Politika:Elektabilitas Ganjar jadi Capres 2024 Masih Tertinggi,Bagaimana Puan?

Survei terbaru dari Charta Politika masih menempatkan Ganjar Pranowo sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi jadi Capres 2024.

Editor: Imam Saputro
Kolase TribunKaltara.com / Kompas.com/Riska Farasonalia
Survei Terbaru Charta Politika:Elektabilitas Ganjar jadi Capres 2024 Masih Tertinggi,Bagaimana Puan? 

TRIBUNPALU.COM - Survei terbaru dari Charta Politika masih menempatkan Ganjar Pranowo sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi jadi Capres 2024.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kian lama makin menonjol popularitasnya di kalangan rakyat Indonesia.

Dilansir TribunWow.com, hal ini dibuktikan dengan tingkat elektabilitasnya yang begitu tinggi sebagai kandidat calon presiden 2024.

Ganjar bahkan menduduki peringkat satu dan mengalahkan nama besar lainnya dalam survei yang digelar lembaga Charta Politika pada bulan September 2022.

Hasil survei ini dibagikan melalui laman chartapolitika.com dengan judul 'Hasil Rilis Survei Nasional Kondisi Sosial Politik dan Peta Elektoral Pasca Kenaikan Harga BBM'.

Dalam keterangannya, pihak Charta Politika merinci waktu survei serta para responden yang berasal dari berbagai provinsi.

"Survei dilakukan pada tanggal 6 – 13 September 2022, melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 1220 responden, yang tersebar di 34 Provinsi," bunyi keterangan tersebut.

"Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ±(2.82 persen) pada tingkat kepercayaan 95 persen."

Melalui surveinya, Charta Politika memperlihatkan hasil bahwa pada sisi peta elektoral, PDIP, Gerindra dan Golkar menjadi tiga partai politik pilihan publik tertinggi.

Sementara itu, pada pertanyaan terkait dengan calon Presiden, elektabilitas tertinggi adalah pada nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Hasil survei Charta Politika elektabilitas 10 nama calon presiden menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di posisi teratas dengan jumlah suara 31,3 persen, Kamis (22/9/2022).
Hasil survei Charta Politika elektabilitas 10 nama calon presiden menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di posisi teratas dengan jumlah suara 31,3 persen, Kamis (22/9/2022). (Laman chartapolitika.com)

Pilihan publik terhadap calon Presiden terbilang stabil jika ditarik garis dari beberapa bulan belakangan.

Dalam elektabilitas 10 nama, responden memilih nama kandidat calon presiden yang akan diusung jika pemilu diadakan saat ini juga.

Pada simulasi tersebut, Ganjar mendapat suara tertinggi sebanyak 31 persen, Prabowo di urutan kedua dengan 24,4

Sumber: TribunWow.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved