Pilpres 2024

Surya Paloh: Masa Orang Jawa Saja Jadi Presiden, Orang Luar Jawa Tak Pernah

Ada pernyataan menarik disampaikan Surya Paloh saat memberi sambutan dalam peresmian Kantor Nasdem di Jl Sultan Babullah, Kampung Makassar Timur.

Editor: Muh Ruliansyah
Handover
Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh. 

TRIBUNPALU.COM - Ada pernyataan menarik disampaikan Surya Paloh saat memberi sambutan dalam peresmian Kantor Nasdem di Jl Sultan Babullah, Kampung Makassar Timur, Ternate, Maluku Utara, Kamis (22/9/2022) siang.

"Masa orang jawa saja jadi presiden, orang luar Jawa tak pernah jadi, ada benarnya pernyataan itu," kata Surya Paloh.

Surya Paloh mengutip pernyataan dan asumsi sebagian orang tentang cara berpikir yang masih bernuansa suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) dalam perilaku kebangsaan dan bernegara di Indonesia, dewasa ini.

Sehari sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, juga menyatakan pernyataan senada.

Kala berbincang dengan Rocky Gerung di acara Menatap Indonesia Pasca 2024, di kanal YouTube RGTV Channel ID, Rabu (21/9/2022), Luhut menyebut, warga di luar Pulau Jawa sebaiknya tidak memaksakan diri untuk mendaftar sebagai presiden atau capres.

“Apa hanya dengan menjadi presiden, kau bisa mengabdi? Kan tidak juga. Harus tahu diri juga. Kalau kau bukan orang Jawa, pemilihan langsung hari ini—saya tidak tahu 25 tahun lagi—sudah lupakan saja,” kata Luhut.

Pernyataan Surya Paloh di Maluku Utara itu, tidak secara spesifik menyebut menanggapi pernyataan koleganya dari partai Golkar dulu.

Surya Paloh mengemukakan itu dalam konteks pola dan cara berpikir sebagian masyarakat Indonesia, beberapa dekade terakhir.

"Isu sara dominan dalam perilaku kebangsaan kita. Orang negara sudah ke bulan, kita masih berpikir sektarian, kesukuan dan strata sosial," ujarnya bersemangat.

Surya Paloh tiba di Maluku dengan agenda utama peresmian gedung Nasdem.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved