Sigi Hari Ini

Pemkab dan WCD Bersihkan Sampah di Tiga Desa Kecamatan Sigi Biromaru

Pemerintah Kabupaten Sigi bersama World Cleanup Day (WDC) Sigi menggelar aksi Bersih-bersih sampah sepanjang Jalan Poros Palu-Palolo, Jumat (23/9/2022

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir
salam
Pemerintah Kabupaten Sigi bersama World Cleanup Day (WDC) Sigi menggelar aksi Bersih-bersih sampah sepanjang Jalan Poros Palu-Palolo, Jumat (23/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Pemerintah Kabupaten Sigi bersama World Cleanup Day (WDC) Sigi menggelar aksi Bersih-bersih sampah sepanjang Jalan Poros Palu-Palolo, Jumat (23/9/2022).

Aksi Bersih-bersih itu menyasar tiga desa yaitu Desa Mpanau, Lolu dan Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. 

Koordinator Aksi WCD Sigi Moh Ifin menuturkan, Kegiatan kali ini mengambil tema "Kamu 13 Juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah".

Ia mengatakan dalam pembersihan tersebut dibagi menjadi tiga tim.

Tujuan dari Aksi Bersih-bersih diantaranya Menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan rapih.

Selain itu untuk mengurangi timbulan sampah dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah serta mengurangi resiko penyebaran penyakit.

"Diharapkan terciptanya lingkungan yang bersih, indah dan rapi serta berkurangnya timbulan sampah dan meningkatnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan sampah," ujar Ifin, Jumat (23/9/2022).

Ifin menuturkan, jenis kegiatan World Cleanup Day di Kabupaten Sigi dengan membersihkan dan memilah sampah dari kantor perangkat daerah. 

"Kami juga membersihkan pekerangan dan memilah sampah di rumah masing-masing serta melakukan aksi bersih-bersih dengan memungut sampah yang bertebaran di jalan," kata Ifin. 

Saat aksi Bersih-bersih, peserta pun wajib memilah sampah anorganik yang memiliki nilai ekonomi atau yang dapat diubah menjadi Bahan Bakar Minyak yaitu sampah plastik dan Styrofoam. 

"Adapun sampah plastik yang bernilai ekonomi seperti botol kemasan air mineral, gelas air mineral dan untuk sampah yang dapat diubah menjadi BBM seperti gelas air mineral atau minuman aneka rasa, plastik pembungkus makanan, kemasan mie instan dan Styrofoam," tuturnya. 

Peserta Aksi Bersih-bersih di Kabupaten Sigi seperti seluruh Perangkat Daerah di wilayah Kabupaten Sigi, WCD Sulawesi Tengah, WCD Sigi, NGO, kelompok bank sampah, kelompok TPS 3R, pramuka, universitas, TP-PKK, Organisasi Kepemudaan, Karang Taruna, Organisasi masyarakat dan lembaga lainnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved