4 Tahun Bencana Sulteng

4 Tahun Bencana Sulteng Berlalu, Kepala Arsip Nasional Sebutkan Hal Ini

Kepala Arsip Nasional, Imam Gunarto pada Central Celebes Festival, Dinas Perpustakaan dan Kearsi Kearsipan, Rabu (28/9/2022)

Penulis: Jolinda Amoreka | Editor: Haqir Muhakir
TRIBUNPALU.COM/JOLINDA AMOREKA
Kepala Arsip Nasional, Imam Gunarto pada Central Celebes Festival, Dinas Perpustakaan dan Kearsi Kearsipan, Rabu (28/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Jolinda Amoreka

TRIBUNPALU.COM, PALU - Tepat 4 tahun bencana 28 September menghantam Sulawesi Tengah, Kepala Arsip Nasional kumandangkan pentingnya memiliki arsip kebencanaan. 

Letak geografis Sulawesi Tengah terletak di sesar Palu-Koro menyebabkan Sulawesi Tengah menjadi rawan bencana.

Kepala Arsip Nasional Imam Gunarto menegaskan, arsip kebencanaan sangat diperlukan karena dapat mengetahui lokasi rawan bencana serta potensi bencana yang akan terjadi di masa depan.

"Masyarakat perlu menerima informasi terkait bencana alam agar menjadi paham dan bereaksi secara cepat ketika terjadi bencana," jelas Imam Gunarto.

Imam Gunarto mengatakan melalui kearsipan bencana dapat meminimalisir korban dan potensi kerugian yang dialami ketika terjadi bencana alam.

Untuk itu, Kepala Arsip Nasional pada kesempatan ini mengingatkan tentang betapa pentingnya arsip kebencanaan.

"Jika terjadi sesuatu yang kita tidak inginkan, maka arsiplah penyelamat kita. Ketika terjadi suatu peristiwa dan kita membutuhkan arsip maka waktu itulah arsip menyelamatkan kita semua," tandas Imam Gunarto. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved