Banggai Hari Ini

Dinas PUPR Banggai Siapkan Dokumen Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum

Acara penyusunan dokumen Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum atau RISPAM, di Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Rabu (28/9/2022).

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Acara penyusunan dokumen Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum atau RISPAM, di Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Rabu (28/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Dinas PUPR Kabupaten Banggai tengah menyiapkan penyusunan dokumen Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum atau RISPAM.

Penyusunan diawali dengan pertemuan bersama yang dihadiri Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili.

Acara yang berlangsung di Luwuk, Kabupaten Banggai, Rabu (28/9/2022), ini juga dihadiri Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulteng, Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi , Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Air Provinsi Sulteng, serta Pimpinan OPD terkait lainnya.

Wabup Furqanuddin menjelaskan, ketersediaan air minum merupakan salah satu penentu peningkatan kesejahteraan masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dan dapat mendorong peningkatan produktivitas.

Baca juga: Bulog Sulteng Gelar Pasar Murah di Puncak HUT Kota Palu, Sediakan 10.473 Ton Beras Harga Terjangkau

"Sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi," tuturny.

Pertumbuhan penduduk di kabupaten Banggai yang semakin tinggi, lanjut dia, mengakibatkan peningkatan jumlah kebutuhan air minum.

Sedangkan pertumbuhan penduduk tersebut tidak diiringi dengan bertambahnya jumlah air di dalam karena ketersediaan air di alam yang relatif tetap.

Penyediaan air minum merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah, baik itu pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Karena itu, penyediaan sarana dan prasarana air minum menjadi salah satu kunci dalam pengembangan ekonomi wilayah.

Kata Furqanuddin, penyusunan dokumen Rispam tentunya saja didasari oleh tuntutan penyelenggaraan SPAM melalui PP Nomor 16 tahun 2005 tentang pengembangan sistem penyediaan air minum.

Penyelenggaraan SPAM merupakan tanggung jawab pemerintah daerah melalui Perumda Air Minum kabupaten Banggai.

Sehingga sistem penyediaan air minum harus memenuhi kaidah kaidah teknis yang telah ditentukan. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved