Jokowi di Sulteng

Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Penanaman Perdana di KPN, Investor Minta Percepat Land Clearing

Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri penanaman perdana di Food Estate (FE) atau Kawasan Pangan Nusantara (KPN) Dampelas, Kabupaten Donggala, Sulteng

Penulis: Jolinda Amoreka | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Perwakilan PT Parna Raya saat meninjau lokasi KPN Dampelas, Selasa (28/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Jolinda Amoreka

TRIBUNPALU.COM, DONGGALA - Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri penanaman perdana di Food Estate (FE) atau Kawasan Pangan Nusantara (KPN) Dampelas, Kabupaten Donggala, Sulteng pada November 2022 mendatang.

Untuk itu, investor PT Parna Raya minta percepat land clearing di Food Estate (FE) atau Kawasan Pangan Nusantara (KPN) Dampelas tersebut.

Permintaan itu disampaikan perwakilan PT Parna Raya saat melakukan kunjungan yang kedua kalinya ke lokasi KPN di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (27/9/2022).

Kunjungan kedua itu atas saran dari Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Maritim dan Investasi (Marves).

Dari segi fasilitas dalam kawasan, perusahaan yang salah satunya bergerak di bidang perkebunan itu menilai sudah menunjukan perkembangan yang begitu cepat.

Baca juga: 4 Tahun Bencana Sulteng, Pemkot Palu Tabur Bunga Kenang Para Korban Likuefaksi Balaroa

Di tahap pertama nanti, Parna Raya sudah siap menanam 50 hektar jagung dan shorgum.

Selain Parna Raya, investor lain yang sudah menyatakan kesiapannya adalah Indofood.

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, menegaskan, lahan seluas kurang lebih 850 hektar di Kawasan Pangan Nusantara (KPN) Dampelas tidak hanya untuk ditanami komoditas jagung.

“Ada lahan luas, jadi tidak mungkin hanya ditanam jagung saja,” tegas Gubernur.

Penegasan itu disampaikan Gubernur untuk menepis isu dan kekhawatiran beberapa pihak bahwa lahan berstatus Areal Penggunaan Lain (APL) yang berada di Desa Talaga, kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala itu hanya ditanami jagung.

Pada bulan Novemver mendatang, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menuju ke KPN Dampelas untuk penanaman perdana.

“November Presiden datang. Provinsi lain tidak ada jalan soal proyek food estate ini, kita justru sudah jalan sekarang. Tanam jagung, sorgum kedelai dan lain-lain. Nanti dalam lahan itu, 400 hektar untuk masyarakat. Masyarakat sendiri yang akan menjadi tenaga kerja di dalam,” ungkap Rusdy Mastura.

Gubernur Sulteng telah menandatangani Surat Keputusan Nomor: 504/117/.1/DBMPR-G.ST/2022 tentang Penetapan Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala sebagai Kawasan Pangan Nusantara (KPN) Program Peningkatan Penyediaan Pangan Nasional atau Food Estate (FE). (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved