Sulteng Hari Ini

Perpustakaan Tak Lagi Hanya Sebatas Pinjam Buku, Juga Berperan Memajukan Kesejahteraan Masyarakat

Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Perpus RI, Agus Sutoyo mengatakan, perpustakaan bukan hanya tempat meminjamk

Penulis: Jolinda Amoreka | Editor: Haqir Muhakir
TRIBUNPALU.COM/JOLINDA AMOREKA
Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Perpus RI Agus Sutoyo di Seminar Nasional Perpustakaan, Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Kamis (29/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Jolinda Amoreka 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Perpustakaan terus berinovasi seiring perkembangan teknologi.

Saat ini, Perpustakaan RI telah bertransformasi secara digital untuk mengikuti perkembangan zaman. 

Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Perpus RI, Agus Sutoyo mengatakan, perpustakaan bukan hanya tempat meminjamkan buku tetapi bertransformasi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat. 

"Saya ambil contoh peran perpustakaan bagi petani kopi, saat ini petani kopi tidak hanya datang pada perpustakaan untuk meminjam buku saja, namun perpustakaan harus memperdayakan melalui kegiatan literasi yang mengajarkan petani kopi mengenai bagaimana menanam kopi, mengolah kopi hingga memasarkan kopi," ujar Agus Sutoyo saat menghadiri Seminar Nasional Perpustakaan, Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Dokumen Rahasia TERKUAK! Sejauh Mana Jerman Terlibat dalam Penumpasan PKI Setelah G30S?

Agus Sutoyo menambahkan, perpustakaan harus bisa mentransformasikan ilmu yang ada di perpustakaan agar mendorong kesejahteraan masyarakat. 

Secara garis besar, transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial mendorong masyarakat agar mandiri secara ekonomi.

Perpustakaan RI juga melakukan berbagai inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses buku elektronik melalui aplikasi. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved