Sulteng Hari Ini

DPRD Sulteng Dukung Percepatan Pemekaran Kabupaten Kepulauan Togean

DPRD Sulteng seriusi dukung percepatan rencana pemekaran Kabupaten  Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Kepulauan Togean, untuk bisa berdiri sendiri 

Penulis: Jolinda Amoreka | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Suasana Pertemuan Perwakilan DPRD Sulteng di Pemkab Touna 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Jolinda Amoreka 

TRIBUNPALU.COM, TOUNADPRD Sulteng seriusi dukung percepatan rencana pemekaran Kabupaten  Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Kepulauan Togean, untuk bisa berdiri sendiri  lepas dari  induknya Kabupaten Tojo Una-una.

Bukti keseriusan tersebut Ketua Komisi Sri Indraningsih Lalusu dan Ketua Komisi II Yus Mangun serta sekretarisnya  Ronald Gulla  Bersama rombongan  melakukan pertemuan ke Pemkab dan DPRD Kabupaten Touna serta  melakukan peninjauan langsung  ke Pulau  Togean yang terkenal dengan gugusan pulau nan indah tersebut.

Rombongan diterima Bupati Touna Mohammad Lahay dan Wakilnya Ilham Lawidu di ruang kerjanya didampingi tenaga ahli perancang Naskah Akademik Pemekaran Kabupaten Kepulauan Togean

Di DPRD Kabupaten Touna, Sri Indraningsih Lalusu dan Yus Mangun menyerahkan dokumen hasil konsultasi  dan kajian tentang DOB Kepulauan Togean  ke Pemkab Touna yang diterima langsung oleh Ketua DPRD Touna Mahmud Lahay berisi sedikitnya 27 point yang harus dilengkapi, terutama soal Naskah Akademik (NA) serta berisi pointers lainnya yang dibutuhkan. 

Baca juga: Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan: Baik untuk Penderita Diabetes hingga Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

"Saya sangat mengapresiasi Pemda Touna, baik Bupati dan jajarannya juga DPRD secara kelembagaan,  menurut salah satu Srikandi DPRD Sulteng ini, Pemkab Touna dan masyarakatnya terbilang sangat santun dalam memperjuangkan  pemekaran DOB ini, karena tak  ada tarik menarik dan tak terdengar  ada kisruh sedikitpun di dalamnya. Ini yang kami lihat dan rasakan, semuanya bersatu untuk kepentingan daerah ini,’’ ujar Sri Indraningsih Lalusu.

Penyerahan hasil Evaluasi dan Kajian yang diserakan oleh Ketua Komisi I Bersama ketua Komisi II  di saksikan oleh Seluruh Anggota DPRD Kabupaten Tojo Una-una bersama Unsur Forkompimda Kabupaten Tojo Una-una.

"Jika seluruh dokumen persyaratan tersebut telah terpenuhi, DPRD Sulteng selanjutnya akan melaksanakan Paripurna untuk memberikan rekomendasi sebagai syarat di Kemendagri  dan Badan Legislasi RI, bahkan lanjutnya  lagi, bukti keseriusan tersebut,  DPRD Sulteng telah  mengambil 2 langkah ke depan, yaitu yang pertama di Badan Musyawarah (Banmus) agenda ini ini telah dimasukan  di persidangan I, DPRD Sulteng, bahkan telah menetapkan sampai dengan  akhir tahun 2022 ini  telah menetapkan jadwal paripurna rekomendasi  DOB Kepulauan Togean," jelas Sri Indraningsih Laulusu.

DPRD Provinsi Sulawesi Tengah sudah  menitipkan untuk pendaftaran registrasi calon kabupaten Kepulauan Togean di Kemendagri agar  masuk  kelompok ke 13 yang sudah di masukkan dalam pengajuan pembentukan DOB termasuk Sulawesi Timur.

Untuk itu, Pemkab Touna segera melengkapi dokumen untuk memenuhi  mekanisme pembentukan DOB Kepulauan Togean. Dan Komisi I juga sudah mendapatkan data antara lain, Kepulauan Togean  memiliki kekayaan alam yang laur biasa, baik potensi lautnya yang sudah mashyur, hingga komoditi alam lainnya, seperti Kelapa dan Cengkeh  yang  dapat  menjamin kedepan untuk DOB Kepulauan Togean agar  maju seperti daerah lain. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved